Mahasiswa PMM UMM Kelompok 34 Membuat Hand Sanitizer di Kampung Tangguh Semeru

0
93
Mahasiswa PMM UMM membuat Hand Sanitizer untuk dibagikan ke warga Kampung Tangguh Semeru

UMM. Panjinasional.net – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) 34 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menunjukkan kiprahnya di tengah masyarakat di lokasi PMM. Seperti yang dilakukan di Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Selasa (11/08/2020). Para mahasiswa melakukan kegiatan preventif ditengah pandami covid-19. 

Salah satu langkah yang harus diterapkan di antaranya adalah disiplin dalam menggunakan hand sanitizer. Namun, tak mudah mendapatkan barang tersebut sekarang. Oleh karena itu, pilihan bagi pencegahan virus  COVID-19 tersebut adalah membuat hand senitizer secara mandiri namun tidak untuk diperjual belikan.

Hand sanitizer mengandung bahan kimia yang dapat melemahkan bahkan membunuh virus covid-19 sehingga hand sanitizer mampu membersihkan dan mengurangi kuman yang ada di tangan. Pada era “New Normal” seperti saat ini Hand senitizer merupakan barang wajib yang harus dibawa saat bepergian.

Pembuatan handsenitizer  yang dilakukan tentunya mengikuti prosedur dari WHO (word Helatlth Organization), hand sanitizer yang dibuat harus mengandung setidaknya 70 % alkohol untuk bekerja secara efektif, “kelompok kami menggunakan kandungan alkohol 96 persen yang dicampur dengan gliserin sebagi bahan yang menjaga kelembutan kulit tangan, kemudian dicampur menggunakan aquadest untuk menurunkan konsentrasi dari alkohol serta diberikan essens atau pewangi untuk menambah aroma dari hand senitezer  menjadi lebih nyaman digunakan.  Mengacu pada proses pembuatan versi WHO, hand sanitizer yang kami buat harus didiamkan sekitar 48 jam hingga hand senitizer siap dipakai” ujar Endi Sagita Dini selaku Koordinator PMM UMM Kelompok 34.

Kegiatan PMM diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang Beti Istanti Suwandayani , M.Pd. “Selalu jaga kesehatan, selalu terapkan protokol kesehatan,semangat selalu adik-adik” ujarnya. Kegitan yang dilakukan oleh mahasiswa akan dilaporkan secara rutin, agar memastikan kegiatan yang berlangsung dapat memberikan manfaat bagi warga setempat. Kelompok PMM UMM 34 juga melakukan update setiap kegiatan di akun @tri’pmm34umm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here