Bulan Vitamin A: Mahasiswa PMM UMM Bantu Kegiatan Posyandu

0
120
Mahasiswa UMM usai membantu giat posyandu dalam rangka Bulan Vitamin A

UMM. Panjinasional.net – Posyandu atau Pos Pelayanan Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu merupakan suatu kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Jadi, posyandu adalah kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab Kepala Desa.

Posyandu dilaksanakan di Balai Desa Kademangan, pada hari Kamis (06/08/2020) pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Posyandu ini dihadiri oleh ibu-ibu Kader posyandu, mahasiswa PMM, ibu hamil dan Balita. Posyandu dimulai dari mengisi data diri, selanjutnya melihat tumbuh kembang anak yang di dalamnya meliputi penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. 

Setelah itu, Balita di beri Vitamin A karena bertepatan pada bulan Agustus. Setiap bulan Februari dan Agustus adalah bulan untuk memberikan vitamin A di posyandu. Ada 2 jenis vitamin yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sampai 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 bulan sampai 59 bulan.

Adanya kehadiran mahasiswa PMM UMM sangat membantu para kader dalam melalukan kegiatan tersebut,  “kehadiran saudara sekalian sangat membantu kami, semoga ilmu yang didapatkan di posyandu ini kedepannya dapat di gunakan sebagaimana mestinya, tetep semangat untuk adk adik-adik semua, jadikan pandemi ini sebagai semangat bukan menjadikan penurun semangat” ungkap Supriatin selaku kader posyandu di Desa Kademangan.

Endi Sagita Dini, selaku koordinator dalam PMM UMM 34 juga mengatakn bahwa dengan membantu berjalannya kegiatan ini, justru menambah wawasan bagi mahasiswa, “Sebagai mahasiswa yang sedang menjalankan kegiatan PMM, kami sangat senang karena  dapat membantu melaksanakan kegiatan posyandu dan kami juga mendapatkan ilmu langsung dari kader posyandu yang nantinya dapat kami gunakan dikehidupan kedepannya” ungkapnya.

Tidak lupa dukungan dari Dosen Pendamping Lapang, Beti Istanti Suwandayani, M.Pd.  juga selalu memberikan semangat dan selalu memantau kegiatan mahasiswa PMM UMM via daring “semangat selalu dalam melaksanakan kegiatan dan selalu berinovasi, tak lupa juga selalu patuhi aturan prokol kesehatan, semoga selalu dalam lindungan Allah” ungkapnya.**tri/tim/UMM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here