Putusan Hakim Tolak Gugatan KKS Terhadap Karyawan Smelting

0
262

Gresik. Panjinasional.net –  Kembali KKS (Koperasi Karyawan Smelting) pada hari Rabu 12 Agustus 2020 berlangsung sidang gugatan sederhana terkait gugatan hutang yang belum dibayar oleh salah satu karyawan Smelting yang tidak terkena PHK beberapa waktu yang lalu kepada koperasi karyawan smelting.

Dalam sidang kali ini beragendakan pembacaan putusan oleh majelis hakim (hakim tunggal) Ariyas Dedy SH.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa pengurus KKS menggugat Priyo Kuncoro warga desa PPS Gresik yang masih bekerja di PT Smelting dan masih memiliki hutang kepada KKS sebesar +Rp.300jt, sebagai tergugat.

Dalam putusannya hakim tunggal ini membacakan bahwa, setelah menimbang beberapa bukti dan saksi yang diajukan oleh masih-masing pihak baik dari penggugat dan tergugat hakim berpendapat bahwa gugatan penggugat tidak dapat dikabulkan.

Maka, Hakim tunggal yang biasa disapa Dedy tersebut dengan tenang membacakan putusannya, antara lain adalah, mengadili:

1, Menyatakan bahwa penggugat ( pengurus KKS)  tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan perbuatan hukum untuk dan atas nama dalam perkara aquo.

2, Menyatakan gugatan penggugat tidak dapat diterima.

3, Menyatakan sita jaminan yang telah ditetapkan tgl 10 Agustus 202 tidak berharga dan memerintahkan kepada panitera pengadilan agar sita jaminan tersebut diangkat.

Dalam pembacaan putusan tersebut juga dikatakan hakim menimbang, bahwa Koperasi Karyawan Smelting adalah Koperasi yang memberikan fasilitas untuk para anggota yang dimana para anggota dan pengurus harus karyawan tetap PT.Smelting, 

sedangkan disini penggugat / pengurus sudah tidak bekerja lagi di PT. Smelting sejak terjadi PHK beberapa waktu yang lalu..

Adapun surat legalitas yang sudah diperoleh dari Dinas Koperasi dan perdagangan Kab Gresik oleh pengurus tidak berlaku karena nama Koperasi masih tetap KKS ( Koperasi Karyawan Smelting).*Ern.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here