DEMO PEMBUATAN HANDSANITIZER OLEH PMM UMM KELOMPOK 34, BERSAMA KADER POSYANDU DAN KAMPUNG SEHAT TANGGAP COVID-19

0
110

Panjinasional.net – Demo Handsanitizer dilakukan oleh mahasiswa yang melakukan tugas pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) bersama perwakilan kader Posyandu dan anggota kampung sehat tanggap covid-19. Dengan kompetensi dari anggota PMM yang sesuai dengan bidang tersebut yaitu Ilmu Kesehatan jurusan Farmasi diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan untuk desa kademangan.

Kegiatan yang dilakukan di gedung skertariat pada tanggal 5 Agustus 2020, PMM UMM kelompok 34 membagikan ilmu mengenai formulasi tentang handsaitizer, dari kegiatan tersebut diharapkan warga dapat mandiri memproduksi handsanitizer dengan benar. 

“Dengan catatan digunakan untuk kalangan sendiri atau tidak boleh diperjual-belikan, hal ini sesuai dengan peraturan peredaran obat dan makanan mengenai perizinannya” ungkap Endi Sagita Dini selaku Koordinator PMM UMM 34.

Pembuatan handsanitizer berdasarkan formula yang telah ada, alkohol 96%, aquadest, glyserin, dan essence. Dari bahan dasar tersebut diharuskan mengencerkan kadar alkohol menjadi 70% sehingga memerlukan perhitungan-perhitungan untuk mencampurnya.

Selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari kelompok 34 Beti Istanti Suwandayani, M.Pd yang telah memberikan pengarahan serta dukungan sehingga kegaiatan ini dapat berlangsung dengan lancar. Selain itu apresiasi kepada seluruh perangkat desa dan pihak-pihak yang mendukung tidak lupa disampaikan oleh beliau. Karena kegiatan yang telah dilakukan tidak terlepas dari tanggung jawab Universitas Muhammadiyah Malang.**tri/tim’umm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here