Bupati Sampang Resmikan Laboratorium PCR RSUD dr Muhammad Zyn

0
136

Sampang Panjinasional.net – Berdasarkan SK Gubernur  Jawa timur Rumah Sakit dr.Muhammad Zyn di tunjuk sebagai Rujukan Covid-19 yang di sampaikan oleh Direktur Titin Hamidah Saat peresmian Laboratorium PCR.

Rumah Sakit dr.Muhammad Zyn mendapatkan bantuan alat PCR dari BNPB pusat  yang di fasilitasi oleh Kemenko Polhukam tanggal 6 juli tahun 2020 ada beberapa persiapan untuk operasional, mulai dari fisik yang di persiapkan.

Bupati Sampang H.Slamet Junaidi  bersama Plt sekretaris daerah H.Yuliadi Setiawan meresmikan Laboratorium Biologi Molekuler di RSUD Mohammad Zyn Kab. Sampang, Senin (10/08/20).

H.Slamet Junaidi usai acara launching PCR di RS.Muhammad Zyn langsung jumpa pers, bahwa bantuan dari BNPB  pusat yang di fasilitasi Kemenko Polhukam.

Karena memang dari awal belum punya alat ini, dari awal pandemi memang berencana membeli PCR, Alhamdulillah hari ini kita launching dan besok beroprasi, mudah mudahan PCR ini bermanfaat kepada masyarakat Sampang Umumnya Madura, karna rumah sakit sampang ketika mendapatkan Bantuan alat PCR ini di haruskan menjadi rumah sakit rujukan nasional sesuai intruksi dari kemendes. operatornya sudah di siapkan semua sudah ada pelatihan, terkait pasien. PCR ini merupakan bantuan Hibah termasuk alatnya juga gratis , 3000 alat di bantu. kita di minta juga oleh pusat kalau tinggal 1000 kita mengusulkan kembali jadi untuk masyarakat gratis. Tuturnya.

Di tempat terpisah Direktur Rumah Sakit Muhammad Zyn saat di konfirmasi oleh seluruh awak media yang hadir, menyampaikan langkah kedepan melakukan pemeriksaan. pasien bisa datang sendiri sesuai dengan ketentuan yang saspek

Pemeriksaan PCR jadi ada kriteria, pasien datang bila ada keluhan, tidak bisa datang sendiri bisa minta bantu rujukan dari puskesmas, untuk pengambilan spesimennya bisa di lakukan di rumah sakit, atau teman Puskesmas  bisa melakukan Swab di Puskesmas, nanti hasil swabnya di bawa kesini spesimennya di antarkan ke loket dan nanti kita lakukan pemeriksaan. dari hasil pemeriksaan paling lama hasil swab bisa di pastikan 3 sampai 5 hari.

Di singgung mengenai Kendala kedepan InsyaAllah tidak ada, karena kapasitas PCR kita 20 sekali Ranning kita harap kalau sudah nyampek ketentuan baru kita kerjakan juga menghemat reagen efisiensi.

Terkait jumlah tenaga yang di butuhkan cukup mulai dari analis, spesialis. penanganan PCR ini khusus ada sekitar 5 orang yang di lakukan undeprin.

Gratis selama menggunakan bantuan sementara di gratiskan, kemungkinan takutnya ada yang APS tapi yang sekarang ini sesuai dengan penyampai Bupati Sampang gratis.

Persyaratan gratis tetap mengisi legalitas KTP ,ada screning dulu tidak semua orang tidak bisa melakukan pemeriksaan ini, siapa yang mau skrening dari puskesmas. kalau tidak ada gejala atau tanda tanda tetap perlu screning.

Skaling Screening 6 jam 20 harapan dengan ada PCR untuk sekarang tidak perlu merujuk ke Surabaya atau RS dr Sutoemo kita lakukan saja di sini, nanti prioritas mana yang di dahulukan emergensi penanganan covid-19 agar lebih maksimal lagi, tuturnya.

Untuk penanganan mutu dari rumah sakit dr.Muhammad Zyn dengan Dinkes Provinsi jatim.tuturnya.(San/mal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here