Pendampingan Desa Menuju Kampung Sehat Mandiri Tanggap Covid-19 PMM UMM Resmi Dibuka Kades Kademangan

0
90
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang melakukan Pendampingan Desa Menuju Kampung Sehat Mandiri Tanggap Covid-19

Malang. Panjinasional.net – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 34 dari Universitas Muhammadiyah Malang yang dilakukan di desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang telah resmi dibuka pada hari Rabu tanggal 5 Agustus 2020. Pada acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Desa Kademangan, Ketua Sekertariat Kampung tangguh dan Perwakilan Kader Posyandu setempat serta para undangan perwakilan warga desa. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa merupakan kegiatan pemberdayaan diri oleh mahasiswa yang diperuntukkan kepada masyarakat desa yang diharapkan dapat bersifat berkelanjutan. PMM yang akan dilaksanakan di desa Kademangan beranggotakan Endi Sagita Dini, Tri Legisiswati, Levvy Sandy,  Rahmah Hutami dan Dhiky Ari P dari fakultas ilmu kesehatan jurusan farmasi Universitas Muhammadiyah Malang yang bertemakan 

“Pendampingan Desa Menuju Kampung Sehat Mandiri Tanggap Covid-19”. 

Alasan mengapa kelompok 34 memilih desa kademangan sebagai tempat dilakukanya kegiatan ini adalah karena desa kademangan merupakan satu-satunya desa yang memiliki kampung tangguh yang berada di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Hal tersebut menjadikan desa ini sesuai dengan program kerja yang telah disusun oleh kelompok 34. 

Driatmo selaku ketua sekertariat kampung tangguh juga menyampaikan bahwa kampung tangguh yang ada di desa kademangan merupakan kampung tangguh pertama yang di tunjuk untuk menjadi tauladan dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran covid-19.

Program-program yang akan diberikan nantinya akan banyak berfokus pada masalah kesehatan. Dalam acara pembukaan yang telah dilaksanakan PMM 34 juga memberikan sosialisasi mengenai Covid-19, meliputi cara penularan, gejala dan pencegahannya. 

Selain itu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga menjadi topik yang disampaikan pada acara pembukaan yang telah berlangsung. Sebelum memulai acara mahasiswa juga melakukan pengecekan suhu tubuh  dan juga pembagian masker kepada para tamu undangan yang tidak membawa masker agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Dalam sambutannya, Hj Mulyani selaku kepala desa menyampaikan “Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa dari UMM merupakan kegiatan yang sangat tepat pada saat ini karena kondisi covid-19 sedang mewabah. Karena desa Kademangan juga merupakan kampung tangguh pertama di Kecamatan Pagelaran, sehingga dapat membantu petugas melaksanakan program-program protokoler kesehatan untuk mencegah penularan covid-19 di wilayah desa. 

Selain itu kita juga harus dapat mengambil hikmah dari wabah yang sedang terjadi pada saat ini karena dengan keadaan pandemi seperti ini masyarakat menjadi terbiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan”.

Ketua PMM kelompok 34 juga berharap bahwa sosialisasi yang telah diberikan dapat membatu masyarakat desa dan dapat diterapkan secara kontinyu sehingga penyebaran wabah dapat dicegah.

Selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari kelompok 34 Beti Istanti Suwandayani, M.Pd yang telah memberikan pengarahan serta dukungan sehingga kegaiatan ini dapat berlangsung dengan lancar. 

Selain itu apresiasi kepada seluruh perangkat desa dan pihak-pihak yang mendukung tidak lupa disampaikan oleh beliau. Karena kegiatan yang telah dilakukan tidak terlepas dari tanggung jawab Universitas Muhammadiyah Malang.@tri/tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here