Peletakan Sita Jaminan Tergugat. Putusan Tunggu Putusan Hakim

0
176
Pelaksanaan sita jaminan PN Gresik berjalan santai

Gresik. Panjinasional.net – Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik melaksanakan peletakan sita Jaminan (Conservatonir Beslag) terhadap benda tidak bergerak milik Priyo Kuncoro, selaku tergugat  di alamat Jl. Taman Ruby No. 15, Pondok Permata Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.Senin 10/8 /2020.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Priyo memiliki hutang kepada KKS (Koperasi Karyawan Smelting ) yang sudah lama tidak dibayar.

Juru sita Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik membacakan (dibacakan oleh Nuroso) Risalah Sita Eksekusi yang dimohonkan Pengurus Koperasi Karyawan Smelting (KKS) Gresik sebagai penggugat, dihadapan kepala desa setempat, dan beberapa mantan karyawan yang juga pengurus KKS, dengan putusan perkara Nomor: 22/ Pen.CB 2020/PN.Gsk.

Pembacaan berjalan lancar walau tidak terlihat adanya  penjagaan /pengawalan oleh aparat yang mengenakan pakaian dinas.. dan terlihat para anggota dan pengurus KKS juga tidak membuat kegaduhan mereka tampak santai .

“Menimbang adanya kekhawatiran atau ketersangkaan dari pihak termohon untuk mengalihkan, memindah-tangankan aset milik tergugat, Maka Pengadilan Negeri Gresik melakukan sita jaminan saja, selanjutkan akan menunggu putusan pada Rabu 12 Agustus 2020,” kata panitera muda Sugeng.

Dalam gugatannya Penggugat, diuraikan Pengurus Koperasi Karyawan Smelting (KKS) menggugat 125 anggota-nya yang tidak ikut gelombang PHK, karena tidak melakukan pembayaran hutang pada KKS, setelah sekian lama.

Sita Jaminan harta benda bergerak satu unit kendaraan Minibus dengan Nopol L 1978 CR, Merk Toyota jenis Kijang Innova 2.0 G MT tahun 2017 warna hitam metalik.

Serta benda tidak bergerak milik tergugat dua unit rumah tempat tinggal yang ada di alamat Jl. Taman Ruby No. 15, Pondok Permata Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Perlu diketahui, Pinjaman hutang anggota KKS  bervariatif, mulai Rp 20 Juta sampai ada yang Rp 300 Juta dengan total hampir Rp 2Miliar lebih, dan pinjaman tanpa agunan tersebut diberikan karena mereka  masih bekerja di PT Smelting awalnya.

Tergugat Priyo Kuncoro merupakan satu dari 125 anggota yang memiliki hutang dikoperasi mencapai angka lebih Rp. 300 juta.

Sedangkan permohonan sita  jaminan ini dikabulkan oleh Majelis hakim hingga dilakukannya peletakan sita jaminan rumah (benda tidak bergerak) karena nilainya dianggap sebanding dengan hutang yang dimiliki Priyo Kuncoro.

Namun begitu Penyitaan tersebut baru mempunyai konsekwensi hukum akan berlaku apabila pokok perkara dalam gugatanya nanti dikabulkan oleh majelis  Hakim, akan tetapi seandainya pokok perkara dalam gugatan nanti ditolak oleh Hakim maka penetapan sita ini akan dicabut kembali. 

Jadi semua masih menunggu dan tergantung Putusan Hakim dalam pokok perkaranya yang di agendakan hari Rabu 12/8/2020 besok..bersambung @ern.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here