Hindari Sorotan Media, Aktifitas Reklamasi Pantai Delegan, Berjalan Malam Hari

0
258
Aktifitas Reklamasi Pantai
Aktifitas Reklamasi Pantai

Gresik, www.panjinasional.net  – Pengurukan di Pantai Dalegan Kabupaten Gresik Jawa Timur masih tetap berjalan. Padahal, pihak terkait meminta agar aktivitas itu dihentikan sementara karena belum ada izin.

Untuk mengelabuhi sorotan media,  pantauan pada Kamis (6/8/2020), terdapat satu truk berisi muatan urukan batu putih. Sementara, alat berat tidak ada di lokasi namun di parkir di sebelah luar lokasi proyek. Seakan menutupi jika proyek tersebut telah dihentikan.

Material urugkan sengaja di tumpuk begitu saja, di area pantai yang akan di urug untuk pengembangan wisata delegan. Ada kemungkinan perataan material dilakukan pada malam hari, karena keesokan harinya, Jumat (7/8/2020) pukul 08,30  saat awak media kembali meninjau lokasi tumpukan material tersebut sudah rata dan terlihat alat berat exavator di lokasi tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemdes Dalegan tetap melakukan aktivitas di bibir pantai dengan alasan perluasan wisata yang akan dipergunakan untuk kolam renang.

Kepala Dinas Perikanan Gresik Choirul Anam sudah meminta agar pihak pelaksana melakulan izin ke Provinsi Jawa Timur terlebih dahulu. “Sudah kita arahkan agar izin dulu,” imbuhnya, Kamis (6/8/2020).

Anam meminta agar pemerintah desa setempat melakukan dan memenuhi persyaratan perijinan terlebih dahulu sehingga aktivitas bisa dilanjutkan kembali.

Sesuai UU 24 tahun 2014 dan Perda Provinsi Jatim nomor 1 tahun 2018, Anam menambahkan segala aktivitas pemanfaatan ruang laut harus dilakukan perijinan terlebih dahulu.

“Semoga Desa Delegan segera memenuhi persaratan perijinan sesuai UU 24 tahun 2014 & Perda Prov Jatim no.1 tahun 2018,” imbuh dia, menambahkan.

Sementara itu ketika dikonfirmasi Sekretaris Desa Dalegan Gatot menambahkan jika saat ini pihaknya melakukan perijinan aktivitas tersebut. “Ini lagi di Surabaya, ke provinsi (Dinas Kelautan Jatim),” tambahnya.

Terpisah, Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas II Gresik Capt Masri T Randa Bunga mengatakan pihaknya belum menerima surat dari Pemdes Dalegan jika ada kegiatan pengurukan atau reklamasi di bibir pantai.

“Kami belum terima surat. Kita hanya memberikan rekom, perijinannya tetap pusat. Sampai saat ini tidak menerima surat apapun dan pemberitahuan kegiatan yang dari Desa Dalegan,” jelas dia. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here