Pelajar Bisa Manfaatkan Wifi Gratis di Balai Desa

0
149
Manfaatkan fasilitas wifi gratis di Balai desa

Gresik, www.panjinasional.net – Instruksi gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke lokasi Wisata Setigi desa Sekapuk kecamatan Ujungpangkah Gresik saat merayakan Hari Anak Nasional agar para Kepala desa di Jawa Timur menyediakan jaringan wifi secara gratis di respon dengan cepat.


Dari pantauan di salah satu Balai desa Pangkah Kulon kecamatan Ujungpangkah terlihat kegiatan pelajar yang melakukan belajar secara daring atau online. Mereka memanfaatkan jaringan wifi yang ada di balai desa untuk mengerjakan tugas dari sekolah secara online.


Desa Pangkah kulon sendiri telah meningkatkan kapasitas kuota demi hingga 30 Mbps agar pelajar yang menggunakan jaringan wifi bisa belajar dengan lancar tidak buffering atau lelet.


Setiap pagi hingga menjelang siang, para pelajar dari berbagai jenjang mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA/SMK memanfaatkan internet di balai desa setempat.
Pemeriksaan sesuai protokol kesehatan tetap dijalankan Sebelum masuk ke belai desa, satu persatu pelajar dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan Thermalgun, cuci tangan serta mewajibkan memakai masker.


Salah satu pelajar Ulidatul Falkiyah mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan adanya program internet gratis. Sebelumnya, ia harus mengeluarkan Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu untuk membeli kuota internet.


Dalam pembelajaran daring ini kata Ulidatul, pelajar harus menyimak seluruh materi dari Handphone yang tersambung internet. Kemudian, guru memberikan tugas yang juga dikirimkan seketika itu juga.


“Jadi sangat terbantu adanya internet berupa Wifi ini secara gratis. Terima kasih kepada kepala desa yang memberikan dan meyediakan fasilitas ini,” katanya, Selasa (4/7/2020).


Sementara itu Kepala Desa Pangkahkulon Ahmad Fauron mengatakan sebenarnya fasilitas internet di balai desa sudah tersedia sejak dua tahun lalu. Dan, sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengakses informasi di internet.


Namun diungkapkan Fauron sejak awal pandemi Covid-19, pihaknya kemudian memprioritaskan internet gratis untuk pelajar yang membutuhkan dalam menunjang belajar daring.
“Jadi ini sudah dua tahun lalu ada berupa Wifi. Untuk menunjang agar internet cepat kita tambahkan jaringan kecepatan hingga 30/Mbps. Agar pelajar juga senang,” imbuhn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here