Diduga Bodong, PT. Eka Dwi Selo Unggul di Sedayu Bebas Beroperasi

0
614

Gresik, www.panjinasional.net – Sebuah bangunan pabrik berdiri di lahan desa Kertosono Kecamatan Sedayu Kabupaten Gresik yang belakangan tengah beroperasi dengan memproduksi pupuk pertanian.

Ironisnya, Bangunan yang didalamnya digunakan untuk proses produksi pupuk ini disinyalir belum mengantongi ijin alias Bodong.

Dugaan tentang pabrik Bodong yang tak berijin tersebut dikuatkan oleh keterangan Hajir, kepala Desa Kertosono dimana lokasi pabrik tersebut berada.

“Pabrik pupuk tersebut hingga saat ini desa belum memberikan surat domisili, pernah ada orang yang datang untuk meminta keterangan Domisili, namun saya belum berani memberikan karena yang datang bukan pemilik lahan tersebut” kata Hajir saat ditemui wartawan.

“Dengan belum adanya surat domisili tersebut maka otomatis belum bisa mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan ijin yang lain, karena keterangan domisili merupakan salah satu syarat yang harus dilampirkan saat mengurus IMB” imbuh Hajir.

Untuk di ketahui pemerintah kabupaten Gresik telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) No. 6 Tahun 2017 tentang Ijin Mendirikan Bangunan. Dimana IMB diwajibkan bagi setiap orang atau badan usaha yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum yang akan melakukan kegiatan:

a. pembangunan baru;

b. rehabilitasi/renovasi;

c. pelestarian/pemugaran; atau

d. penambahan bangunan

Saat dikonfirmasi pengelola / pemilik pabrik tersebut hingga berita ini diturunkan sama sekali tidak merespon dan memilih tidak menjawab konfirmasi awak media. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here