Insan Kamil Sidoarjo Siap Menjadi Sekolah ONLINE

0
348

Sidoarjo. www.panjinasional.net – Masa Pandemi COVID-19 ini menjadikan kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan dari rumah. Guru dan siswa harus harus melaksanakan aktivitas pembelajaran dengan DARING (dalam jaringan). Kondisi tersebut mengharuskan semua sekolah berbenah mulai dari segi metode pengajaran dan sarana penunjang pembelajaran.
Pembelajaran tahun ini memang sedikit berbeda, guru hanya bertatap muka dengan siswa siswa melalui pertemuan virtual yang dilakukan sehari-hari.

Ternyata tidak mudah loh….kegiatan belajar mengajar seperti ini membutuhkan support banyak fihak agar pembelajaran bisa berjalan sukses.
Putus-putus Pak, Hp saya ngeleg, suara tidak terdengar, kamera dimatikan merupakan beberapa kendala yg kita hadapi saat ini, maka support jaringan yang kuat sangat membantu para guru dan siswa dalam kelancaran belajar mengajar. Tidak hanya itu, kemampuan upgrade IT seorang guru juga menentukan karena harus memahami aplikasi-aplikasi baru untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar.

Yayasan Pendidikan Insan Kamil Sidoarjo merupakan salah satu sekolah yang siap dalam menjalani aktivitas pembelajaran dengan sistem DARING. Ustadzah Ani Qotul Uhbah selaku Kepala SMPIT Insan Kamil Sidoarjo menjelaskan bahwa untuk menghadapi situasi ini sekolah sudah mendatangkan Trainer Media untuk melatih para guru dalam pembuatan editing video. Tidak hanya itu, sekolah juga membuat 3 studio mini untuk menunjang para guru dalam membuat video pembelajaran.

Persiapan yang matang menjadikan Insan Kamil Sidoarjo sangat siap dalam menghadapi masa DARING ini. Untuk pembelajaran dengan siswa, Insan kamil menggunakan Platform internal milik sekolah yaitu LMS Insan Kamil, dan untuk pengiriman tugas menggunakan Google clasroom, Padlet, video call, you tube Dll. Di situ para guru bisa menyapa dan bertatap muka secara langsung dengan para siswa, dan untuk pemberian materi siswa bisa langsung mengakses video yang sudah dibuat oleh para guru do Google Classroom. Disitu pula para guru langsung bisa memberikan penilaian dan evaluasi terhadap tugas yang sudah dikerjakan.

Lebih hebatnya lagi, hampir semua kegiatan besar, seperti kegiatan Pelatihan Leadeship yang dilakukan di KODIKMAR Surabaya, Wisata Belajar di banyuwangi, English Camp PARE-KEDIRI, Arabic Camp tetap dilaksanakan walaupaun ONLINE. “Semua akan kita konsep berbasis ONLINE dan Alhamdulillah para Guru dan Siswa sudah bisa langsung beradaptasi dan menyesuaikan keadaan dengan sangat cepat” Lanjut Aniqotul.**Imam S/Afd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here