Ditengah Pandemi Covid-19 Tak Menyurutkan Semangat Kepala SDN Ketawang Karay 1 Untuk Terus Meningkatkan Kompetensi di Bidang Pendidikan

1
183

Sumenep, www.panjinasional.net – Di tengah pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid- 19) tidak membuat Kepala Sekolah Dasar (SDN) Negeri desa Katawang Karay 1 (satu) Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur, harus berhenti untuk terus meningkatkan Kompetensi di Bidang Pendidikan.

Salah satunya adalah dengan cara mengikuti kegiatan Diklat Daring Peningkatan Kompetensi Tata Naskah Korespondensi Bagi Kepala Sekolah SD/SMP/SMA., Pola 4JP yang diselenggarakan pada tanggal 22 s.d 30 Juni 2020.

Kepada media panjinasional.net, Ngumpriyatun, S.pd. SD., M. Pd, menyampaikan bahwa kegiatan daring di masa pandemi Covid- 19 merupakah langkah yang sangat efektif & efisien dalam meningkatkan kompetensi Pendidik atau Pendidikan.

“Sampai hampir setiap dua hari sekali saya mengikuti kegiatan daring dalam bentuk diklat maupun webinar,” terang Ngumpriyatun. Jum’at (17/07)

Dikatakan, jadi kan selama ini salah satu tantangannya kalau di desa itu adalah jaringan intenet yang cukup susah. Tetapi saya bisa melaksanakan daring atau Online, dan bersertifikat. Dan Kegiatan tersebut merupakan selingan dari Work From Home atau bekerja dari rumah.

“Jadi disela-sela melaksanakan bekerja dari rumah itu, saya selalu aktif di jejaring sosial dengan follow akun lembaga-lembaga di bawah naungan Kemendikbud seperti Lembaga P3GTK, P4TK,LPMP ataupun dari beberapa perguruna tinggi yang mengadakan kegiatan daring seperti seminar diklat itu, dan ketertarikan saya mengikuti kegiatan tersebut karena awalnya pernah tercover di LPPKS. Saya pernah di undang sama LPPKS dalam progam diseminasi untuk menjadi pemakalah,” tuturnya.

Sementara lanjut dia peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan daring peningakatan kompetensi sebanyak 3000 orang, dan yang diambil 200 orang. ” alhamdulillah saya tercover,” ucapnya penuh syukur.

Menurutnya lagi termotivasinya mengikuti kegiatan tersebut karena adanya sertifakat sehingga dirinya mencari akun-akun Kemendikbud. “Saya termotifasi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sejenis dimasa pendemi ini,” ceritanya.

Lebih lanjut Kepala Sekolah yang akrab disapa Jeng Peri ini menyampaikan bahwa salah satu tema/materi yang diusung dalam kegiatan Diklat Daring Peningkatan Kompetensi Tata Naskah Korespondensi Bagi Kepala Sekolah, dan materi-materi lainnya tentang Tupoksi Kepala Sekolah pada masa pandemi Covid-19., diantara Manajerial dan suprvesi.

“Kalau tema/materi yang sekarang atau yang terbaru, yaitu tantangan Kepala Sekolah di era adaptasi/kebiasaan baru atau New Normal,” ujarnya.

Menurut Jeng Peri kegiatan yang sudah diikutinya ini nanti akan juga dinalarkan kepada teman-teman guru SDN Ketawang Karay 1. “Kemarin saya sudah mendiseminasikan salah satu materi tentang Aplikasi Microsoft 365 bersama 2 teman KS Sumenep secara daring/ online selama 3 hari, kami bertiga sebagai pemateri,” sambung dia

“Dan kemudian saya sudah menalarkan kepada guru-guru saya bagian materi yang sudah saya terima itu dan saya esemasikan kepada teman-teman,” pungkasnya.(qib/dar)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here