Kapolres Batu Optimalkan Keberadaan “Omah Ayom”

0
142

Batu, Panjinasional : Kapolres Batu apresiasi keberadaan ” Omah Ayom ” sebagai tempat untuk membantu pemulihan perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan pasca putusan pengadilan.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK usai meghadiri kunjungan kerja dari tim komisi Kepolisian Nasional ( Kompolnas ) di rupatama Polres Batu jalan AP III Kadjoeng Permadi kecamatan Junrejo kota Batu, menyampaikan bahwa kunjungan ini dalam rangka mendalami operasionalisasi ” omah ayom ” yang sudah terbentuk berdasarkan inisiasi dari Polres Batu pada tahun 2017 yang lalu. Kamis (16/7/2020 ).

” Urgensi terbentuknya ” omah ayom ” ini adalah untuk membantu pemulihan perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan pasca putusan sidang pengadilan.

Keberadaan ” omah ayom ” ini, memang tempatnya sengaja di rahasiakan dengan tujuan supaya perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan pada saat di lakukan pemeriksaan tidak merasa tertekan karena harus mengalami pemeriksaan di kantor Polisi.

” Dengan harapan korban ini merasa nyaman sehingga bisa mendapatkan konseling yang optimal dari psikolog ”
Untuk operasional ” omah ayom ” ini, Polres Batu berkerja sama dengan Dinas Sosial dan P2TP2A, Dinas Pendidikan dan Dinas pemberdayaan masyarakat kota Batu.

” Tadi kita juga mendapatkam masukan dan arahan dari Kompolnas bahwa ” omah ayom ” ini harus di optimalkan, karena ini merupakan modal utama yang sangat baik dalam rangka mempersiapkan generasi-generasi penerus di masa mendatang.

Dengan harapan walaupun berhadapan dengan hukum tetapi tidak mempengaruhi terhadap psikologis anak secara segnifikan.

Artinya kita dapat memberikan treatmen yang mana perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan ini, pada setiap tahapan tidak hanya saat pasca putusan pengadilan saja, tetapi saat dalam tahap penyelidikan tahap satu tahap dua tersebut mereka tetap mendapatkan konseling-konseling sehingga rasa percaya dirinya tetap ada.

Setelah kegiatan ini kita akan adakan pertemuan juga dengan tim kecil yang tergabung dalam ” omah ayom ” untuk menindak lanjuti saran dan masukan dari kompolnas tersebut “. ( Er ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here