Mahasiswa UMM membuat Alat Penyiraman Otomatis

0
259

Pasuruan Jatim www.panjinasional.net – Sebagai bentuk rasa kepedulian untuk memutus rantai Covid-19 Mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah membuat penyiraman otomatis di Perum Sekar Asri kel.Sekargadung Kec.purworejo Kota Pasuruan.

Pada hari Senin(13/7/20) Sekitar Pukul 09.00 Wib Bertempat di Perum Sekar Asri Kel.Sekargadung Kec.Purworejo Kota Pasuruan.

Turut Hadir dalam giat tersebut antara lain, Kharisma Muzaki Gufron sebagai Koordinasi dari jurusan Informatika, Ilyasa Swasdika jurusan Teknik mesin, Ilham Ramadhan jurusan teknik mesin, Nadia Dwi Pratiwi jurusan Farmasi, Sasi Fitria Asningrum jurusan ilmu Pemerintahan.

Perum Sekar Asri sendiri juga sebagai kampung tangguh semeru di Kelurahan Sekargadung Kota Pasuruan, Warga sendiri juga kompak bersatu menanam tanaman yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan pangan selama Pandemi Covid-19.

Model penyiraman yang digunakan sangat simpel dan praktis hanya menggunakan selang saja yang di lakukan warga setempat, mengetahui Hal seperti itu Mahasiswa UMM ingin meringankan beban warga dengan membuat alat penyiraman otomatis yang akan diletakan di taman fasilitas umum agar warga tidak lagi menyiram tanaman yang begitu luasnya dan tanaman dapat terjaga dan terawat dengan baik.

Alat penyiram Otomatis ini menggunakan sistem piranti cerdas dengan menghubungkan sensor kelembapan tanah sebagai keputusan untuk menghidupkan pompa air.

“Selain itu kami juga melakukan pengabdian seperti partisipasi kegiatan kampung tanggu,penegakan protokol kesehatan dengan melakukan kegiatan bagi-bagi masker gratis,melakukan penanaman hidroponik pada fasilitas taman umum dan memberikan edukasi tata cara beraktivitas di tengah masa peralihan (new normal) kepada masyarakat sekitar perumahan sekar asri Kota Pasuruan” ungkap Sendi Lia Yunita,S Farm.,Apt.,MSc selaku dosen pembimbing. (YUPRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here