Surabaya www.panjinasional.net . Kegiatan Evaluasi dan pemantapan kinerja Pers Terhadap para jajaran seluruh Biro Media Panjinasional di pimpin langsung oleh Pimpinan Redaksi, didampingi para dewan redaksi dan Biro Hukum Sanjaya Payangka, SH MH. Sabtu 27 Juni 2020 di kantor berita redaksi Panjinasional.

Mengingat dimasa-masa Pandemi Covit-19 ini diharapkan kepada para wartawan yang bertugas di lapangan dalam mencari informasi perlu untuk berhati-hati dan terus menggunakan protokol kesehatan seperti yang disampaikan oleh setiap daerah masing-masing dengan menggunakan masker, cuci tangan pada air mengalir.Minggu 28 /6/2020.

Rapat Redaksi yang dilaksanakan di kantor berita Panjinasional merupakan kegiatan rutin setiap 6 bulan dilakukan dengan mengevaluasi semua para wartawan yang bertugas di daerah guna lebih meningkatkan profesionalitas sebagai Jurnalis dengan selalu menerapkan etika pers jangan sampai menulis berita hoax.

Setiap daerah para kabiro punya cara tersendiri dalam membangun komunikasi dengan berbagai pihak baik instansi birokrasi, TNI maupun Polri yang menjadikan sumber sebagai Mitra tugas dalam menghimpun komunikasi dan informasi. 

Gatot Irawan Pemred Panjinasional mengarahkan tentang sistematis kerja liputan agar wartawan menjalankan hubungan kemitraan dengan pihak-pihak pemerintahan terkait termasuk TNI, Polri dan Kejaksaan. Namun perlu diingat jangan terlalu mengadopsi Hasil Release, tapi juga ada penelusuran lanjutan terutama Release tentang masalah kriminal dan narkoba, sebab masih ada langkah lanjutan usai Release hingga penerapan proses hukumnya sampai penetapan P21.

“Mengadopsi edaran Release atau berita dum secara murni adalah copy paste, artinya bukan karya jurnalistik, jadi masih ada langkah penelusuran lanjutan” ujarnya.

Meski demikian wartawan harus tetap menerapkan kode etik jurnalistik, dengan menggunakan langkah konfirmasi guna mendapatkan informasi yang benar sesuai fakta, agar tidak menjadikan dan menghasilkan berita hoak, ujar Gatot yang dilanjutkan oleh Sanjaya Payangka sebagai biro hukum Media Panjinasional, bagaimana langkah-langkah wartawan bila melakukan investigasi dan penelusuran terkait masalah hukum, pelanggaran dan Penyalahgunaan.

Pesan tambahan pimpinan redaksi pada saat rapat berlangsung tidak lain berkoordinasi dengan redaksi, menkonfirmasi pihak sumber terkait, bila menemukan suatu temuan, memberikan berita fakta sesuai di lapangan, pandai pandai berkarya dalam membuat pemberitaan jangan sering mengambil pemberitaan orang lain kecuali menyebutkan sumbernya, makanya harus ada data dan sumber yang dipercaya hingga menghasilkan fakta.

Tugas Kabiro Panjinasional tiap daerah dipasrahkan sepenuhnya dengan tetap memegang aturan redaksi termasuk tugas lintas wilayah harus berkoordinasi.

Hadir dalam kegiatan rapat rutin  semua kabiro perwakilan daerah. Biro Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Surabaya, Gresik, Biro Trenggalek Tulungagung, Biro Lamongan, Biro Malang. Kota Batu. Madiun, Ngawi. Ponorogo dan Sidoarjo.(Mal/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here