Batu, www.panjinasional.net  Masih dalam suasana hari raya Idul Fitri 1441 H, komunitas ” Tilas Leluhur ” mengadakan acara halalbihalal di Dendeng Ontong Cafe and Resto, Jalan Bukit Berbunga, Kecamatan Batu, Kota Batu. Sabtu (13/6/20) malam.

Acara halalbihalal ini, diikuti oleh seluruh anggota Komunitas ” Tilas Leluhur ” baik dari Kota Batu, Kota Malang, Kota Mojokerto dan beberapa kota-kota lainnya.

Foto bareng usai pelaksanaan halalbihalal di Dendeng Ontong

Pada acara halal bihalal ini terlihat spesial karena di hadiri oleh Raja Surakarta Kanjeng Pangeran Paryana Rejoningrat Pakubuwono Xlll bersama rombongan. 

Noeryanto ketua komunitas ” Tilas Leluhur ” menjelaskan kegiatan halalbihalal ini di laksanakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi komunitas ” Tilas Leluhur “.

” Kegiatan ini di laksanakan untuk menjalain silaturahmi komunitas ” Tilas Leluhur “.

Pada kegiatan ini, juga di hadiri tamu spesial yaitu Raja Surakarta Kanjeng Pangeran Paryana Rejoningrat Pakubuwono Xlll .

” Selain sebagai ajang silaturahmi, dalam kegiatan ini juga di laksanakan acara ngobrol bareng.

Dengan santun, Raja Surakarta Kanjeng Pangeran Paryana Rejoningrat Pakubuwono Xlll menceritakan terkait sejarah dan tradisi budaya Jawa “.

Di sampaikan pula oleh Sekretaris Komunitas ” Tilas Leluhur ” Sarah Mawardi, S.Ikom kegiatan halalbihalal ini merupakan salah satu tradisi budaya hidup dalam masyarakat Jawa.

Pertama yang menulis kegiatan yang serupa dengan halalbihalal terjadi saat zaman Raja Mangkunegara Pertama.

” Tradisi ini hidup di masyarakat Jawa. Catatan sejarah pertama kali dikenal di Mangkunegara Pertama. 

Mereka mempunyai kebiasaan atau tradisi pada peringatan hari raya  Idul Fitri, raja bertemu masyarakat.

Di situ semua masyarakat berkumpul di lapangan dan satu persatu secara bergiliran menyalami kepada Raja yang dalam posisi duduk, bahasa jawanya sungkem “.  jelasnya.

Kanjeng Pangeran Paryana Rejoningrat Raja Pakubuwono Xlll menyampaikan, bahwasanya kegiatan halalbihalal tersebut sudah ada sejak jaman dahulu, khususnya di tanah Jawa.

“Kebetulan kami juga salah satu keturunan leluhur di Kerajaan Majapahit. Maka Kami juga akan mendoakan para Leluhur.

Kenapa hal ini kami lakukan, karena semua apa yang kita lakukakan dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dari leluhur kita, maka kita juga wajib mendoakannya dengan harapan agar leluhur kita di sana  bisa tenang, dan kita yang ditinggalkan juga bisa melanjutkan cita-citanya “. 

Kegiatan Halalbihalal yang sering kita lakukan bukan hanya sekedar silaturahmi serta menjaga jalinan persaudaraan saja.

” Perlunya menjaga silaturahmi dengan tujuannya agar negara NKRI ke depan lebih baik, gemah ripah loh jinawi dan diberikan kemudahan berbagai hal apapun.

Kami juga berpesan, agar jangan sampai meninggalkan tradisi budaya Jawa dari para leluhur.

Harus kita lestarikan bersama, karena itu yang bisa merekatkan hubungan persaudaraan, dan saling menghormati antara satu sama lainnya “. ( Er )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here