Usai pelantikan wakil ketua Pengadilan Negeri Surabaya.

Surabaya, www.panjinasional.net – Proses Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Surabaya berlangsung hikmat dan tenang dengan tetap mengedepankan Protokol Covid-19 yakni memakai masker maupun jaga jarak.

Tumpal Sagala Wakil Ketua PN Surabaya yang baru dilantik.

Pelantikan Wakil Ketua PN yang baru Tumpal Sagala,SH, MH, yang dimulai sekitar pukul 09.15 pagi dihadiri sejumlah Hakim dan Panitera dengan dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Surabaya DR Jonny. SH,MH diruang Aula lantai 6 Pengadilan Negeri Surabaya Rabu (10/6/2020).

Diketahui, Tumpal Sagala sebelum masuk PN Surabaya, menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Pontianak Kalimantan, Dengan menggantikan posisi Wedhayati yang berpindah tugas menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Banjarmasin dan sudah dilantik 4 Juni 2020 lalu.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, Hakim Martin Ginting,SH,MH, Juga selaku humas PN Surabaya menyampaikan. “Dengan acara pelantikan di Aula Lantai 6 gedung PN Sekira pukul 09.00 wib pagi. Dengan tetap menjalankan pedoman Protokol COVID-19 (Acara tanpa undangan),”Kata humas.

Humas PN juga menjelaskan, dengan menyongsong “NEW NORMAL” yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat, pihak PN pun telah mempersiapkan pelayanan persidangan sesuai aturan protokol Kesehatan.

“Bahwa oleh karena wabah Corona wilayah kota Surabaya belum seperti yang diharapkan oleh publik, karena statusnya masih zona merah (sangat dikhawatirkan) maka persidangan pidana tetap dilakukan secara online, Serta ruang sidang online akan ditambah hingga 5 ruang sidang yang efektif untuk online (sedang disetting) agar pelayanan jadi maksimal dan mengurangi pengumpulan massa atau pengunjung di ruang pengadilan yang ingin bersidang,”Ujar humas PN.

Lebih lanjut Ginting menambahkan, “Bangku pengunjung dalam ruang sidang akan dikurangi hingga 70% (70Persen) agar Social Distancing tetap terjaga untuk memutus mata rantai virus terhadap masyarakat. Serta pengadaan alat disinfektan yang modern dan terpadu agar Aparatur Sipil Negara (ASN) pengadilan tetap terhindar dari virus khususnya bagi ASN PN Surabaya”Jelasnya.

Humas PN Ginting juga menegaskan, terkait hal Pengunjung akan dikurangi yang hendak masuk ke area PN Surabaya dan juga yang masuk ke area ruang sidang.

Sedangkan Jadwal persidangan perdata tetap berjalan seperti biasa sehingga akan menyesuaikan dengan jadwal sidang pidana.

Pada komentar terakhir, Martin Ginting menegaskan sebagai komitmen layanan yang disampaikan oleh ketua PN melalui humas, Jika pimpinan PN dengan segenap ASN nya siap melayani pencari keadilan dengan versi New Normal. pengunjung yang tidak mengindahkan Protokol kesehatan saat masuk ke area PN Surabaya, akan ditegur bahkan tidak diizinkan memasuki area pengadilan.(Jn/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here