Suasana pelatihan public speaking yang diselenggarakan Departemen Ilmu Komunikasi Undip di SMPN 10 Semarang

SEMARANG. www.panjinasional.net Belasan guru sekolah menengah pertama mengikuti kegiatan pelatihan public speaking yang diselenggarakan Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro. Kegiatan rutin tahunan itu digelar di SMPN 10 Semarang Rabu 9 Juni 2020.

Awalnya peserta mengisi soal pre-test, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembicara. Kemudian peserta menjawab soal pre-test kembali, dan diakhiri dengan sesi foto bersama. 

Seluruh peserta diharapkan lebih mampu berhadapan sekaligus  menguasai keadaan tatkala berhadapan tidak hanya dengan murid melainkan juga dengan masyarakat umum. 

Kegiatan yang digelar dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan tersebut diikuti 16 guru SMP di Semarang. Hadir sebagai pemateri dosen ilmu komunikasi Undip di antaranya, Dr. Adi Nugroho, M.Si, Agus Naryoso, S.Sos, M.Si, dan Dra. Sri Widowati Herieningsih, MS.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memaksimalkan performance para guru terutama saat tampil di depan para siswa dan di tempat umum. Guru sebagai tokoh masyarakat, karenanya sering juga diminta menjadi pembicara sehingga pelatihan public speaking ini sangat bermanfaat bagi mereka,” ujar Dr. Adi Nugroho, M.Si. dalam rilisnya yang diterima panjinasional.net, Rabu (10/6/2020).

Dijelaskan, materi public speaking adalah bentuk komunikasi di mana seorang pembicara dituntut tetap tegar, komunikatif dan tetap nyambung dalam menghadapi audien dalam jumlah besar sekalipun.

Selain itu, tujuan dari public speaking sendiri adalah menyampaikan informasi kepada audiens, menghibur audiens, dan mempengaruhi seluruh audien. Sedangkan manfaat dari public speaking adalah mengurangi ketidaktahuan, memperbaiki hubungan, memahami permasalahan, dan menyelesaikan masalah.

“Penyakit public speaking yaitu nervous atau kecemasan. Nervous sendiri muncul karena kurangnya rasa percaya diri untuk berbicara maupun tampil di depan orang banyak. Untuk itu, diperlukan hal-hal untuk meraih rasa percaya diri agar bisa berbicara di hadapan publik dengan baik tepat.  Disamping itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam public speaking adalah variasi suara, kecepatan bicara atau artikulasi, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh,” kata Adi Nugroho. (Mim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here