Acara pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Sumenep

Sumenep, www.panjinasional.net – Suasa Pandemi Covid- 19 tidak menyulutkan semangat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk terus menjalankan kinerja dan pelayanan yang maksimal.

Salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep tetap melaksanakan pengambilan sumpah atau janji Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Sumenep tahun 2020.

Pengambilan Sumpah itu dipimpin langsung oleh Bupati Sumenep Dr. KH. A Busyro Karim, M.Si. yang bertempat di Aula Arya Wiraraja Setkab Sumenep. Selasa (12/05).

Hadir pada kesempatan itu, Sekdakab Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, Kepala BKPSDM Sumenep, Abdul Majid, Kabid Mutasi dan Promosi Dr., Suharjono dan sejumlah pejabat lainnya.

Uniknya pengambilan Sumpah kepada sejumlah ASN tersebut melalui Video Confrence (Vidcon).

Usai pengambilan sumpah juga diserahkan secara simbolis SK PNS oleh bupati setempat. Sementara jumlah ASN yang dilantik sebanyak 349 orang.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim dalam sambutannya menyampaikan, pengambilan sumpah ASN kali ini berbeda dari biasanya, yakni melalui Video Conference (Vidcon) di tiga belas titik dan terpusat di ruang Arya Wiraraja, karena harus mengikuti protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid-19.

“Tahun ini, pengambilan sumpah ASN memang tidak di Pendopo Agung dan Gedung KORPRI, untuk mematuhi protokol kesehatan mencegah kerumunan dan jaga jarak, dalam rangka mencegah penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19,” katanya usai mengambil sumpah para ASN. Selasa (12/05/2020).

Bupati juga menjelaskan, sejatinya pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji ratusan ASN di beberapa tempat itu juga merupakan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Dengan model seperti ini, kita mengajak masyarakat agar mematuhi dan disiplin mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, semisal menjaga jarak, memakai masker dan tidak mengadakan acara mengumpulkan massa di satu tempat,” ungkapnya pula.

Dalam kesempatan itu Bupati dua periode ini juga berharap peran strategis ASN yang baru dilantik itu bisa menjadi contoh dan tauladan dalam membantu pemerintah dalam melayani masyarakat. Apalagi ditengah wabah virus Corona ini.

“Selain mengedukasi masyarakat hidup bersih dan sehat ditengah Covid-19. Para ASN harus menjaga kedisiplinan, baik disiplin masuk kantor tepat waktu, disiplin terhadap peraturan dan disiplin lainnya. Karena selama dua periode ini saya banyak memecat ASN karena tidak disiplin, ada yang kasus perselingkuhan dan lainnya,” tegas suami Nurfitriana.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Abdul Madjid, S.Sos, M.Si, menjelaskan ada 13 titik pengambilan Sumpah ASN tahun ini, baik di kepulauan atau di OPD masing-masing melalui elektronik (Vidcon) yang terpusat di kantor Bupati Sumenep.

“Lokasinya adalah tempat Ruang Arya Wiraraja, Ruang Adirasa di Kantor Bupati Sumenep, serta delapan titik di beberapa ruang Rapat Organisasi Perangkat Daerah, dan tiga titik di Pendopo Kecamatan Kepulauan, masing-masing Kecamatan Arjasa, Sapeken dan Kecamatan Gayam,” tandasnya.

Sementara dari 349 ASN yang diambil sumpah tahun 2020 diantaranya terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 120 orang, tenaga pendidik sebanyak 153 orang dan tenaga teknis sebanyak 76 orang.

“Dari 349 ASN yang diambil sumpahnya hari ini sudahsesuai golongannya, yakni golongan satu sebanyak satu orang, golongan dua sebanyak 112 orang, dan golongan tiga sebanyak 236 orang,” pungkasnya.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here