satgas Covid 19 saat memberikan keterangan pers

Gresik, www.panjinasional.net – Salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang ada di RSUD Ibnu Sina Gresik meninggal dunia, Kamis (26/3/2020) dini hari.

Menurut keterangan Pers dari Satgas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 kabupaten Gresik, pasien masuk UGD pada hari sabtu (21/3/2020) kemarin.

“Sabtu Pasien masuk UGD kondisinya sudah batuk – batuk parah, Hari senin baru bisa kirim spesimen untuk dilakukan tes laboratorium ke Dinas kesehatan propinsi dan hingga hari ini hasil tes belum keluar pasien sudah meninggal dunia” Ujar dr. Endang Puspitowati Dirut RSUD Ibnu Sina yang juga Satgas Covid 19  

PDP yang meninggal dunia ini belum dinyatakan covid-19, karena hasil labnya belum keluar. Meski belum dinyatakan positif tapi kita melakukan pemakaman dan pemulasaran sesuai SOP,” tutur Sekretaris Satgas Penanggulangan dan Penanganan Covid-19 Gresik Saifudin Ghozali.

Proses pemulasaran hingga pemakaman antara lain, jenazah setelah mandikan dan dikafani lalu dibungkus plastik beberapa lapis. Kemudian jenazah dimasukkan ke dalam peti mayat. Dan dimasukkan ke mobil ambulance yang semuanya disemprot terlebih dahulu dengan cairan disinfektan.

“penanganan jenazah korban memakai pakaian sesuai SOP. Termasuk penyemprotan cairan disinfektan ke mobil ambulan. Bahkan saat dimakamkan juga kita lakukan sesuai SOP,” ungkap Ghozali, Kepala Dinkes Gresik ini.

Satgas tidak menjelaskan identitas pasien dan domisilinya dengan alasan untuk menjaga situasi yang kondusif di kabupaten Gresik.

Sementara update terkini penanganan covid-19 terhitung hingga hari ini Kamis (26/03/2020) tercatat di Gresik ODR ada 675 orang namun yang sudah lepas 14 hari ada 406 orang. ODP ada 57 orang namun yang sudah lepas pengawasan ada 4 orang. PDP ada 19 orang yang sembuh 3 orang dan satu meninggak dunia.

Masyarakat diminta untuk tenang dan tidak panic, patuhi himbauan pemerintah agar penanganan bisa segera diatasi oleh pemerintah. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here