Pokmas yang menangani pelaksanaan program PTSL Desa Tambakmas, Kec.Kebonsari Kab.Madiun

Madiun. www.panjinasional.net – Pemerintah Pusat begitu serius menangani permasalahan tanah dengan menggulirkan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang bertujuan untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum Hak Atas Tanah masyarakat secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka serta akuntabel, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan ekonomi negara serta mengurangi konflik sengjeta tanah.

Program PTSL ini digulirkan oleh Pemerintah pusat melalui Badan Pertanahan Nasional/ATR sesuai Intruksi Presiden No.2 Tahun 2018 untuk dilaksanakan ke masyarakat dimana tanahnya belum pernah didaftarkan/terdaftar di suatu wilayah desa/kelurahan.

Pemerintah berencana menggulirkan program PTSL ini hingga tahun 2025.Untuk itu program PTSL ini merupakan momen yang sangat berharga bagi masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum dan perlindungan hukum Hak Atas Tanah.Mengingat momen ini terbatas waktunya maka Kades Sugeng Wibowo,S.Pd berinisiatif melaksanakan pendataan dan pendaftaran bagi warga desanya yang tanahnya belum bersertifikat.

Sejak bulan Juni 2019 yang lalu, sekitar 850 pemohon telah dilaksanakan pemberkasan dan pengukuran untuk diteruskan dan diproses di Badan Pertanahan Nasional Kab.Madiun.

“Untuk program PTSL yang telah digulirkan ke masyarakat sejak Juni 2019, sudah tercatat 850 pemohon dan diproses di BPN Kab.Madiun. 

Masyarakat sangat antusias mengikuti program PTSL ini karena sangat terbantu dengan proses kolektif lebih cepat dan murah dibandingkan mengurus sendiri. Sehingga dengan terlaksananya program PTSL di Desa Tambak Mas,Kec.Kebonsari Kab Madiun, masyarakat telah mendapatkan kepastian hukum dan perlindungan hukum Hak Atas Tanah sesuai Inpres No.2 Tahun 2018,” terang Kades Sugeng Wibowo,S.Pd.

Masyarakat tetap berharap program PTSL ini tetap berjalan berkelanjutan karena masih ada tersisa masyarakat yang belum tercatat dan terdaftar tanahnya di desa/kelurahan. (Warti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here