Jember www.panjinasional.net – Karena banyaknya bangunan ruko yang berdiri diatas sepadan sungai Jembatan Jompo di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kali Wates Jember ambles sekitar 04.00 wib.

Bangunan tersebut merupakan aset milik Pemerintah Daerah Jember.

BNPB melaporkan  kerusakan berupa retakan dan amblesnya tanah sepanjang kurang lebih 94 meter dan lebar kurang lebih 10 meter tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. 

Dilansir dari Tribunjatim, Ketua Rw 09 kelurahan Jember Kidul  Kecamatan Kaliwates Yayuk Dwi menceritakan tanda tanda ambruknya bangunan ruko  ditandai suara benda yang berjatuhan, awalnya seperti batu batuan kecil jatuh, akhirnya banyak bangunan jatuh bersamaan, terang Yayuk. 

Dari laporan BNPB , ambruknya bangunan tersebut menutupi aliran sungai. 

Peristiwa itu juga mengakibatkan jaringan pipa Perusahaan Daerah Air Minum terputus, Jaringan PLN dan Telkom terputus juga, arus lalu lintas menjadi macet disekitar lokasi”, kata kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNBP Agus Wibowo melalui keterangan tertulis Senin / 2/3/2020. 

Ia menyebutkan amblesnya ruko diduga karena pondasi terkikis aliran sungai kalijompo yang meluap akibat hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Jember pada munggu /1 / 3/2020.( *atak )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here