Lokasi Galian C di Pamekasan Madura

Surabaya www.panjinasional.net – Kurang lebih sekitar 350 titik galian C  ilegal yang tersebar di 13 Kecamatan di Kabupaten Pamekasan hingga saat ini diketahui terus beroperasi.

Maraknya Galian C ilegal tersebut mendapatkan respon langsung dari Dinas (ESDM) Energi dan Sumber Daya Mineral, Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur Setiajit mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan terjun langsung ke Pamekasan untuk melakukan koordinasi dengan penegak hukum sekaligus penegak perda di Kabupaten Pamekasan.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Polri dan Kasatpol PP untuk memberikan penjelasan bahwa ilegal mining dapat ditindak, berdasarkan UU No 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup,” katanya Kepada Awak Media, Jumat (14/02/2020)

Padahal menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemkab) punya kewenangan untuk melakukan penindakan.

“Di UU No 4 tahun 2009, Pemkab punya kewenangan menindak. lebih-lebih Polri kewenangan penuh, karena ilegal mining merupakan tindak pidana lingkungan, pertambangan dan bisa dikatakan merugikan negara,” tambahnya

Namun saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan, Amin Jabir. mengaku tidak bisa berbuat banyak lantaran pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk menindak.

“Sebanyak itu yang berizin hanya satu. Dan kebijakan penindakan ada di Provinsi Jawa Timur,” kata Amin Jabir**Roz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here