Bangkok. www.panjinasional.net  — Dr Suparman, MSi, DEA, dosen dan Kepala Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menjadi keynote speaker “5th International Conference on Science & Technology Research (ICSTR)” di Asian Institute of Technology (AIT), Conference Center, Bangkok, Thailand, Selasa (24/12/2019).

Keikutsertaan Dr Suparman dalam kegiatan 5th ICSTR di Conference Center AIT Bangkok yang diselenggarakan Scientific & Technical Research Association (STRA) pada  23 – 24 Desember 2019 itu, dalam rangka memenuhi undangan dari Eurasia Research (EA) untuk menjadi salah satu keynote speaker. 

Dalam kesempatan itu, Dr Suparman menyampaikan materi mathematical modelling using reversible Jump Markov Chain Monte Carlo (MCMC).

Konferensi internasional ini, menurut Suparman, membahas topik-topik terkait sains dan teknologi.

“Di samping itu, juga dibahas topik-topik yang relevan dengan aplikasi dari sains dan teknologi di berbagai bidang,” terang Suparman.

Pemodelan matematika diungkapkan Suparman dalam kegiatan itu. Suparman sampaikan pemodelan matematika yang menggunakan galat multiplikatif berdistribusi Gamma. 

Model matematika ini, menurut Suparman, diterapkan pada segmentasi citra Synthetic Aperture Radar (SAR). “Citra SAR disegmentasi dengan menggunakan algoritma reversible Jump Markov Chain Monte Carlo,” kata Suparman.

Melalui kegiatan seminar itu, dikatakan Suparman, bisa meningkatkan semangat dan kepercayaan diri dalam penelitian.

Melalui kegiatan seminar internasional itu, tidak saja dapat meningkatkan semangat dan kepercayaan diri. “Tapi juga dapat menambah jejaring dengan para peneliti dari berbagai universitas di berbagai negara, bahkan benua,” terang Suparman.

Melalui kegiatan ini, menurut Suparman, punya kesempatan untuk mempublikasikan karya penelitian. Artikel-artikel yang dipresentasikan pada seminar internasional itu akan dipublikasikan pada jurnal internasional.

Tahun depan, Dr Suparman akan ikut lagi dalam kegiatan serupa. Dia diundang oleh Healthcare & Biological Sciences Research Association (HBSRA) untuk menjadi keynote speaker pada “13th International Conference on Research in Life-Sciences & Healthcare (ICRLSH)” yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 – 25 Juli 2020 di Bali. (Affan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here