Sampang www.panjinasional.net – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sampang yang ke-396 tahun 2019, Bupati Sampang Ziarah ke makam leluhur makam Rato Ebuh, bertempat makam Rato Ebuh (Ratu Ibu’red) Rabu(11/12/2019).

Hadir acara tersebut Bupati Sampang,Wakil Bupati Sampang, Kapolres Sampang, Kajari Sampang, Pengadilan Negeri Sampang Kemenag Sampang, Dandim 0828, Forkopimda Sampang Ketua tim pengerak PKK Kabupaten Sampang, Wakil Ketua tim pengerak PKK, Camat Sampang, Lurah Polagan,Tokoh Ulama, dan Tokoh masyarakat.

Dalam sambutanya  Bupati Sampang, H.Slamet Junaidi menyampaikan, berdirinya Kabupaten Sampang tidak lepas dari moment historis penobatan Raden Prasina yang di nobatkan sebagai Cakraningrat 1 oleh Sultan Agung mataram pada tanggal 23 desember 1624 M atau tanggal 12 robiul awal 145 H, yang ketika itu berketepatan dengan maulid nabi.

Berkedudukan di Madegan Sampang, Pangeran Cakra Ningrat resmi menjadi penguasa Pulau Madura.

Sebagai wujud rasa syukur terhadap jasa pada leluhur, hari ini kita  berkumpul untuk ziarah ke makam Rato Ebuh untuk memanjatkan do’a, dengan harapan arwah beliau senantiasa damai di alam baka, dosa maupun ke khilafan mereka di maafkan serta amal baktinya di rido’i oleh Allah, sebagai generasi penerus kita harus mengingat merehabilitasi dengan historis tersebut, sebagai pondasi semangat untuk membangun kejayaan Kabupaten Sampang.

H.Slamet Junaidi Menambahkan, kami mengajak untuk masyarakat Kabupaten Sampang untuk mencintai dan merawat Sampang yang kita warisi dari leluhur kita untuk meneruskan cita-cita dan visi mereka untuk memajukan masyarakat serta untuk menjaga jati diri kita sebagai masyarakat Kabupaten Sampang.

Lebih lanjut H.Idi panggilan akrabnya menambahkan Pangeran Cakra Ningrat Rato Ebuh Pangeran Sarto Merto Tronojoyo hingga Raden Muhammad Nur adalah toko-tokoh legendaris yang pastas kita teladani perjuanganya, mari kita menjadikan jejak langkah beliau sebagai inspirasi membangun Kabupaten Sampang dan mewujudkan Sampang yang Hebat dan Bermartabat. tutur Bupati Sampang.(kur.mal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here