Kades Subroto bersama Timlak melaksanakan program pembangunan GOR dan Drainase.

www.panjinasional.net Madiun – Komitmen untuk membangun dan memajukan desa adalah bagian dari visi-misi Kades Subroto yang telah menjabat sebagai Kepala Desa 2 periode ini.

Sejak menjabat sebagai Kepala Desa,wilayah Desa Wayut,Kec.Jiwan Kab.Madiun sudah terlihat ada kemajuan dalam pembangunan infrastrukturnya yang merata di 4 wilayah pedukuhan. Kades Subroto bersama jajaran perangkat desa, lembaga dan tokoh masyarakat saling berkoordinasi dengan baik untuk bersama-sama membangun desanya supaya selaras dengan visi-misi Bupati Madiun yaitu membangun Kab.Madiun yang aman,tertib,mandiri dan berakhlak mulia.

    Program peluncuran Dana Desa yang telah digelontorkan pemerintah bertujuan untuk program percepatan dan pemerataan pembangunan.Untuk itu diharapkan pemerintah desa dapat menyerap dan melaksanakan pembangunan secara optimal sesuai skala prioritas yang dibutuhkan oleh desa.Untuk tahun ini,program dana desa yang ada di Desa Wayut, Kec.Jiwan Kab.Madiun telah diserap dan dilaksanakan melalui Timlak/TPK yang diketuai Wahyu Santoso yang ahli dibidangnya, Sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ada.Adapun program pembangunan infrastruktur yang sudah dilaksanakan adalah pembangunan Gedung Olah Raga ( GOR) dan drainase.

Pembangunan GOR ini dilaksanakan karena kebutuhan yang mendesak sebagai sarana olah raga dan gedung pertemuan. Menurut Kades Subroto, pembangunan GOR ini memiliki multi fungsi/multi guna yang sangat dibutuhkan untuk memajukan bidang olahraga dan sebagai sarana berbagai pertemuan baik yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintahan desa.Keberadaan GOR ini tidak hanya untuk kepentingan pemerintahan desa saja tetapi masyarakat dapat juga menggunakannya untuk berbagai kepentingan acara, seperti pernikahan, rapat dll.

Untuk pembangunan drainase ditujukan untuk mengantisipasi musim penghujan supaya tidak terjadi banjir akibat sistem drainase yang buruk.Untuk itu program pembangunan drainase juga menjadi skala prioritas untuk menciptakan saluran irigasi yang baik sehingga tidak ada titik rawan terjadinya banjir.

   Menurut Kades Subroto,semua kegiatan pembangunan ditangani oleh Tim Pelaksana Kegiatan (Timlak) yang menurut aturan Perbup yang baru dilaksanakan oleh para perangkat desa yang dalam hal ini adalah Kasi dan Kaur desa.Kepada awak media Kades Subroto menyampaikan harapannya yaitu : “Harapan kita adalah bisa mensejahterakan masyarakat.Karena pemerintahan desa merupakan bagian dari pemerintahan daerah itu sendiri yang mempunyai tujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Seperti pembangunan jalan yang otomatis memperlancar arus transportasi jalan dan peningkatan produktivitas pertanian yang berperan meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani.” (5/12/2019).

Desa Wayut Kec.Jiwan Kab.Madiun yang memiliki 4 dusun yang berpenduduk sekitar 6.500 jiwa ini juga memiliki potensi desa antara lain industri UMKM seperti Tempe Kripik dan Konveksi/Destro.

Semua potensi desa dapat digali dan diangkat menjadi produk unggulan desa dan hal ini sangat tergantung dari SDM nya.Untuk itu disamping pembangunan infrastruktur fisik, program pemberdayaan masyarakat juga diprioritaskan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat.

Kades Subroto yang telah menjabat 2 periode ini menyampaikan visi-misinya yaitu: “Kita ini merupakan bagian dari pemerintah daerah maka kita harus melebur yang artinya pembangunan ini harus aman,damai,sejahtera dan berakhlak.” (Warti).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here