Sampang www.panjinasional.net – Tim Saber pungli (sapu bersih pungutan liar)Kabupaten Sampang melakukan sosialisasi pungli dan korupsi Rabu(04/12/2019).bertempat di pendopo Tronojoyo Sampang.

Hadir dalam giat tersebut. Wakil Bupati Sampang, Tim Saber Pungli Sampang, kepala OPD Kabupaten Sampang, Camat se kabupaten sampang, kepala Desa terpilih, Lurah Kecamatan Sampang.

Dalam sambutanya ketua tim saber pungli Sampang Kompol Suhartono menyampaikan, Tugas dan kewajiban saber pungli yaitu melakukan pengawasan dari unsur pelayanan, baik dari tingkat Desa, Kelurahan, OPD, dan pelayanan di instansi-instansi vertical kepolisian maupun BPN atau tempat-tempat pelayanan, dan termasuk kerawanan korupsi.

Ada langkah mikanisme inteljen, atau upaya pencegahan. Maka kalau ada informasi jangan telan mentah-mentah karena ada inteljen, kalau inteljen sebenarnya membuat laporan dan memberi masukan kepada penindakan, kalau nabrak di pelajari, kalau kerugianya lebih kecil maka di kembalikan ke inpestorat, kalau kerugianya besar di limpahkan kepada Kepolisian.

Lebih lanjut Kompol Suhartono, Kepala Desa (Kades) yang baru terpilih  tidak usah takut kepada lawan politiknya, akan tetapi program-program dari Pemerintah harus terealisasi dengan baik, sebab semua ada mikanismenya, tuturnya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat menyampaikan, kami menyambut baik diadakanya sosialisasi ini sebagai salah satu wujud keseriusan dan komitmen kita bersama dalam mencegah segala bentuk  tindakan koruptif di wilayah Kabupaten Sampang.

Pungli merupakan permasalahan yang klasik, terutama di sektor pelayanan publik, jika kita bersikap permisif, praktik tersebut lama kelamaan akan di anggap hal yang normal.

Akibatnya, ini akan merusak tatanan organisasi dan masyarakat. maka,fungsi dari unit pemberatasan pungli Kabupaten Sampang harus kita dukung untuk menghapus budaya koruptif di Sampang.(kur/mal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here