Bupati Ponorogo, Drs. Ipong muchlissoni saat terima anugerah Dwija Praja Nugraha oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Sabtu 30/11 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Bekasi Jawa Barat.

Ponorogo Panjinasional.Net – Drs. H. Ipong muchlissoni Bupati Ponorogo menerima anugerah Dwija Praja Nugraha  yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Sabtu 30/11 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Bekasi Jawa Barat, Dwija Praja Nugraha merupakan sebuah apresiasi tertinggi dari guru-guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kepada Kepala Daerah yang memiliki komitmen teguh memajukan kualitas pendidikan dan mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru.
Bupati Ipong Muchlissoni merupakan satu-satunya Kepala Daerah di Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan anugerah tertinggi dibidang pendidikan tersebut. Hal ini karena kebijakan Bupati Ipong Muchlissoni dianggap berpihak kepada nasib dan kesejahteraan guru di Kabupaten Ponorogo, salah satu contohnya dengan menganggarkan untuk guru Diniyah atau insentif untuk para guru Madin, PAUD, serta memberikan insentif untuk guru swasta, GTT dan PTT di Kabupaten Ponorogo,  Bupati Ipong juga dianggap memberi kemudahan untuk  menerbitkan surat tugas untuk para guru GTT dan PTT.

Penganugerahan ini diberikan kepada Bupati Ponorogo Drs Ipong Muchlissoni diacara HUT ke-74 PGRI serta puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019, dihadiri sekitar 50 ribu perwakilan guru se-Indonesia.

Anugerah Dwija Praja Nugraha diberikan berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi yang dilakukan oleh Pengurus Besar PGRI, dan berdasarkan usulan dari pengurus PGRI Provinsi Jawa Timur dan Pengurus PGRI Kabupaten Ponorogo.

Bupati Ponorogo, Drs. Ipong muchlissoni saat berfoto bersama dengan Bupati Se- Indonesia Penerima anugerah Dwija Praja Nugraha oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

“Sehingga, dengan surat tugas itu mereka akan lebih mudah mengurus NUPTK sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikasi sehingga penghasilan para guru akan meningkat, sebagai komitmen  kebijakan pemerintah daerah yang mengalokasikan anggaran untuk sektor pendidikan sebesar 20 persen dari APBD sehingga dunia pendidikan di Ponorogo menjadi maju, “imbuhnya.

Pada momen bergengsi ini,  salah satu perwakilan guru di Kabupaten Ponorogo juga mendapatkan penghargaan atas nama Indri Masruroh, S.Pd, guru pada TK Dharma Wanita Plancungan Ponorogo Jawa Timur, yang mendapatkan penghargaan Anugerah Guru Inspiratif Tingkat Nasional tahun 2019.
Sementara itu, Bupati Ponorogo Drs. Ipong Muchlissoni menuturkan, pihaknya sangat bangga dan senang, serta tidak menduga sebelumnya, bahwa kebijakanya selama ini bakal diapresiasi oleh Pengurus Besar PGRI.
“Penghargaan ini adalah sebuah kepercayaan dari para guru se-Indonesia melalui perwakilan guru di daerah. Ini semua merupakan buah dari kerja bersama antar seluruh komponen masyarakat, stakeholder terkait dan insan pendidikan di Ponorogo. Untuk itu, atas penghargaan ini, kepada para guru dan pengurus PGRI Jawa Timur dan Kabupaten Ponorogo, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Lencana  Dwija Praja Nugraha ini adalah anugerah dari Bapak Ibu Guru Ponorogo yang nantinya akan kembali ke Bapak Ibu Guru sebagai semangat dan motivasi untuk membangun pendidikan di Ponorogo, “Tegasnya. (Ujang RI87)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here