Ketua Bawaslu Totok Suparyanto

Rembang, www.panjinasional.net Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rembang membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ketua Bawaslu Totok Suparyanto, Minggu (17/11)  menjelaskan, mekanisme seleksi Panwascam Pilkada tidak jauh berbeda dengan seleksi-seleksi sebelumnya. Untuk persyaratan, jadwal dan ketentuan lainnya bisa diunduh di laman resmi Bawaslu Rembang atau langsung ke kantor Bawaslu untuk mendapatkan informasi.

Totok menambahkan, tes tertulis nantinya tidak menggunakan sistem gugur namun nilai dari tes trtulis diakumulasikan dengan tes wawancara. Dengan mekanisme penilaian 30 persen untuk nilai tes tulis dan 70 persen untuk wawancara sampai terpilih tiga orang untuk masing-masing kecamatan, sehingga total Panwascam yang akan dipilih berjumlah 42 se-kabupaten Rembang. “Tes tertulis nanti tidak menggunakan sistim manual, tetapi menggunakan CAT (Computer Assisted Test), ” terangnya.

Dia mengutarakan, masa kerja Panwascam Pilkada selama sebelas bulan terhitung saat dilantik tanggal 22-23 Desember 2019 mendatang. Honor untuk Panwascam Pilkada 2020, untuk ketua sebesar Rp1,6 juta dan anggota Rp1,4 juta atau lebih rendah dari Panwascam Pilpres 2019 kemarin yaitu untuk ketua sebesar Rp1,8 juta.

Dia mengatakan, lantaran basis anggaran yang digunakan Pilpres APBN, sedangkan Pilkada menggunakan APBD sehingga jumlah honor yang diterima oleh Panwascam lebih sedikit. “Honornya lebih kecil dari yang diterima pada Pilpres, karena Pilkada kan menggunakan APBD,” ungkap Totok eraya menambahkan, pada masa pengumuman pendaftaran Panwascam, pihak Bawaslu memaksimalkan sosialisasi lewat media sosial, laman resmi Bawaslu, dan juga meminta bantuan pihak kecamatan untuk menempel pengumuman serta meneruskannya ke pihak desa agar banyak masyarakat yang ikut dalam pelaksanaan seleksi Panwascam. (yon) 9\�l

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here