Pamekasan, www.panjinasional.net – Dalam memperingati hari jadi kabupaten pamekasan ke 489 Dan Hari Pahlawan 2019 , Pemkab Pamekasan melalui dinas Pemuda dan olah raga (Dispora) menggelar gerak jalan tradisional Palapa. Jum’at (08/11) malam.

Gerak jalan palapa kali ini di ikuti 50 regu putra 6 regu putri, 105 perorangan putra dan 35 orang perorangan putri, sehingga total sebanyak 56 regu. Dan semuanya melibatkan 700 orang peserta.

Gerak jalan tradisional palapa ini dilepas secara langsung oleh Sekdakab Pamekasan Totok Hartono  didampingi forkopimda, Untuk start dan finis di area Monumen Arek Lancor Pamekasan dengan menempuh jarak 20,6 kilometer.

Sedangkan rute lomba gerak jalan malam hari ini meliputi Area Monumen Arek Lancor, Jalan Jokotole, Jalan Raya Konang, Galis, Larangan, lalu kembali menuju Kota Pamekasan melalui Jalan Raya Sumenep, ke jalan Bonorogo,  jalan stadion, lalu jalan kesehatan dan tiba di garis finis kembali di area Monumen Arek Lancor.

Totok Hartono Saat membacakan sambutan dari Bupati Pamekasan menyatakan, gerak jalan palapa kali ini digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Ke-489 Kabupaten Pamekasan. 

Lomba gerak jalan  palapa juga mengenang masa peluncuran satelit palapa. 

“Dengan menelusuri jejak para pejuang, kita kembali mengenang jasa-jasa mereka yang telah berjasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan negara kita dan tentunya juga menyehatkan,’ tuturnya.

Start untuk regu  pertama dan kedua diberangkatkan regu Kacong dan cebbing. barisan kacong pertama. 

Sedangkan Kepala dinas pemuda dan olahraga (dispora) pamekasan Muhammad melaporkan, Gerak jalan palapa yang merupakan acara rutin tahunan pemkab pamekasan tersebut bertujuan untuk ajang silaturrahmi antara masyarakat dengan para pejabat serta mengenang jasa para pahlawan pamekasan.

Untuk perorangan yang memasuki garis finis peserta dengan no. Urut 087, sedangkan perorangan putri yang masuk pertama kali no. Urut 013. Sedangkan untuk regu Putri yang tiba pertama kali regu dengan no urut 01 dan untuk bereng pria yang masuk garis finis no. Urut 201.

Kadispora juga menambahkan lomba ini juga sebagai ajang  silaturahmi dan untuk memperkuat kesatuan dan bangsa. 

“Kami juga menyediakan unit mobil ambulan dan tim kesehatan mengikuti rute gerak jalan palapa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (Put).

Sekdakab Pamekasan Totok Hartono saat melepas gerak jalan Palapa bersama forkompimda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here