www.panjinasional.net Sidoarjo – Pekan entrepreneur adalah salah satu program unggulan dari SMPIT Insan Kamil Sidoarjo untuk menumbuhkan karakter pada diri siswa sekaligus mengajari sejak dini untuk mempunyai jiwa-jiwa entrepreneur.

Dalam kegiatan ink siswa diwajibkan untuk menggali dana untuk kebutuhan mereka menuju Wisata Belajar terintegrasi di Banyuwangi 2020.

Untuk bisa berangkat kesana dana yg dibutuhkan adalah 350 ribu dan harus mereka penuhi sendiri tanpa bantuan orang tua dengan ber-entrepreneur, yang salah satunya adalah berjualan. Mereka harus menawarkan produk yang dijual ke teman-temanya dan menggelar barang jualanya di depan kelas, makanan yang dijual beraneka ragam diantaranya pempek palembang dengan harga Rp.6000, omlet mie Rp. 2000, Risoles mayo Rp.3000, nasi goreng miniada juga yang menamai daganganya dengan nama yang unit untuk menarik perhatian yaitu MAKLOR ( makaroni telor ), PISCOK FANYASI ( Pisang Coklat ), dll. 

Kegiatan ini tidak hanya menarik siswa yg lain, para guru pengajarpun ikut berburu kuliner jualan anak2.

Dari kegiatan ini akhirnya bisa menumbuhkan sikap percaya diri pada siswa, bisa belajar matematika dengan berhitung untung rugi, belajar sosial dan komunikasi dengan berinteraksi bersama teman yang lain.

“Silahkan dibeli pempeknya ust recomendet ” ungkap nadhif . “Ada ikan tenggirinya”, lanjut Nanti dhif. 

Berbeda dengan haikal, ananda masih malu-malu dalam menawarkan produk daganganya.” Malu ustadz” ungkap Haikal.

Sebagian besar siswa sangat antusias, karena  mampu menghasilkan uang dari hasil usahanya sendiri, besok saya jualan lagi ustadz ” celetuk Farel  yang hari ini dagangan burgernya laku keras.

Imam syaroni selaku wali kelasnya mengatakan “Bahwa dalam kegiatan entrepreneur ini, seluruh siswa harus melakukan karena merupakan proses pembelajaran yang sangat bermakna bagi siswa. Salam Entrepreneur”. @Imam Syahroni S.Pd.I/afd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here