Suasana Rapar Peringgi PCNU Gresik bersama Pengurus
Suasana Rapar Peringgi PCNU Gresik bersama Pengurus

Gresik – Rencana pembangunan Hotel di lahan seluas 4.335 meter persegi yang berada di jl Wahidin Sudiro Husodo, samping exit tol kebomas atau berada di depan kantor Dinas  PUTR sempat menjadi tanda Tanya tentang kepemilikan lahan tersebut.

Namun kini lahan tersebut sudah jelas kepemilikannya setelah adanya pertemuan sejumlah petinggi PCNU dan LBHNU Gresik pada selasa. (8/10/2019)

Meskipun lahan tersebut bersertifikat atas nama perorangan, yakni atas nama Khusnul Khuluq (Mantan Ketua PCNU Gresik) dan KH Masbuchin Faqih (Mantan Rais Syuriah PCNU Gresik) Namun secara materiil tanah tersebut merupakan aset PCNU Gresik. Tanah itu nantinya akan dikerjasamakan dengan PT Graha Indo Berkah (GIB) untuk dibangun hotel syariah berbintang

Berdasarkan notulan rapat tersebut tercatat sejumlah poin. Diantaranya aset PCNU berupa lahan 4.335 meter persegi dengan nomor SHM 630 atas nama Khusnul Huluq dan KH Masbuhin Faqih dipecah menjadi dua. Sebagian tanah seluas 2.010 meter persegi diinbrengkan ke PT GIB dan akan ditukar saham atas nama Khusnul Huluq dan KH Masbuhin Faqih. Dengan nilai saham Rp 15 miliar sesuai dengan appraisal independen.

Legalitas perjanjian harus ditata dengan baik. Dibuatkan surat pernyataan bahwa tanah tersebut adalah milik PCNU dan dipergunakan untuk kepentingan NU dengan ditandatangani oleh Khusnul Huluq dan KH Masbuhin Faqih di atas materai dan dilegalkan oleh notaris.

Lalu tanah tersebut tidak diperjualbelikan namun diserahkan kepada PT GIB sebagai penyertaan modal dengan metode inbreng. Tidak ada uang cash keluar atas transaksi ini. Kemudian kerjasama dengan PT GIB terus dilanjutkan.

Mustasyar PCNU Gresik KH Robbach Ma’sum mengatakan, rapat ini dilakukan untuk mengklirkan kesimpangsiuran lahan PCNU yang dikerjasamakan dengan PT GIB untuk dibangun hotel syariah. “Permasalahan yang muncul kami musyawarahkan sesuai prinsip islam. Alhamdulillah sudah klir,” ujarnya kepada wartawan.

KH Robbach mengatakan jika Lahan itu tetap akan dikerjasamakan untuk dibangun hotel syariah.

“Seperti hotel syariah di Malang. Kalau untuk namanya saya belum tahu tapi semua itu untuk kemaslahatan PCNU,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam rapat tersebut antara lain, Mustasyar PCNU KH Robbach Ma’sum, Rois Syuriah PCNU KH Mahfud Ma’sum, Ketua Tanfidz PCNU KH Khusnan Ali, Bendahara PCNU H Saiful Arif dan juga beberapa pengurus PCNU Gresik lainnya. Adapula pihak investor dari PT GIB yakni Rizal Audy Rizky dan Khusnul Huluq selaku Mantan Ketua PCNU Gresik 3 periode. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here