Sumenep, www.panjinasional.net – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional (HBN) yang jatuh pada hari Rabu tanggal 02 Oktober Tahun 2019 kemarin. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pandian 1 (satu) Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur, bersama dengan Mahasiswa Jurusan PGSD Universitas Wiraraja Sumenep, menggelar Lomba Busana Batik atau fashion show antar Siswa dan Siswi di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pandian 1 (satu). Sabtu (5/9/2019)

Peserta Lomba Busana Batik

Pantauan media www.panjinasional.net di lapangan nampak puluhan peserta Lomba Busana Batik (fashion show) yang masih berumur 7 tahun sampai 12 tahun itu berjalan dengan penuh percaya diri layaknya seorang model di depan para Dewan Juri, Guru dan juga Para Penonton yang terdiri dari para wali murid siswa/siswi SDN  Padian 1 (satu).

Dalam event tersebut bukan hanya Batik khas Sumenep yang dipamerkan oleh para peserta Lomba fashion show Busana Batik, tapi berbagai warna dan motif Batik khas Indonesia pun ikut di pamerkan dalam Event tersebut.

Sementara dalam kegiatan ini ada dua kategori yang diangkat oleh panitia pelaksana kegiatan lomba fashion show Busana Batik yang di gelar oleh SDN 01 Pandian dan Mahasiswa Jurusan PGSD Universitas Wiraraja Sumenep tersebut:

Kategori pertama adalah kelas rendah Putra dan Putri yang di ikuti oleh 33 siswa/siswi dari kelas I sampai kelas IV yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas.

Katagori kedua adalah kelas tinggi Putra dan Putri yang diikuti oleh 37 siswa/siswi dari kelas IV sampai kelas VI. Sedangkan untuk dewan Juri melibatkan Ibu dosen dari Unija, Mas Ferdi dan Mbak Octa mantan Kacong Sumenep.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah (Kapsek) SDN  Pandian 1, Ellya Wahyuningsih, S.Pd. MM, mengatakan bahwa, kegiatan atau acara lomba Busana Batik (fashio show) yang di gelar oleh SDN  Pandian 1 (satu) bersama Mahasiswa Jurusan PGSD Universitas Wiraraja Sumenep tersebut dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional (HBN) tahun 2019. Dimana setiap tanggal 02 Oktober itu sudah ditetapkan sebagai Hari Batik oleh UNESCO.

“Selain itu Event ini juga merupakan salah satu rangkaian Kegiatan Tengah Semester (KTS) di SDN Pandian 1 dan juga PPL Mahasiswa Jurusan PGSD Universitas Wiraraja Sumenep,” kata Ibu Ellya Wahyuningsih S.Pd. MM, Sabtu  (05/10).

Lebih lanjut, Ibu Elly sapaan akrabnya itu mengatakan bahwa, kegiatan lomba Busana Batik (fashion show) ini digelar agar para siswa dan siswi SDN 01 Pandian mencintai Batik Indonesia. ” Karena saat ini batik sudah mendunia. Bukan saatnya lagi mengenali batik, tapi saat ini bagaimana menumbuhkan kecintaan terhadap batik Indonesia,” ucapnya.

Dikatakan Ibu Elly, tujuan dari Event ini di gelar adalah untuk menumbuhkan kecintaan para siswa dan siswi terhadap batik. “Karena batik sudah menjadi identitas bangsa Indonesia dan batik
diakui oleh organisasi dunia UNESCO sebagai warisan  yang harus dilestarikan,” tuturnya.

Dia juga tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia pelaksana kegiatan lomba fashion show Busana Batik. Karena yang mempersiapkan segala perlengkapan untuk Event Lomba Busana Batik tersebut adalah panitia pelaksana kegiatan lomba yang semuanya adalah para Mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep yang saat ini dalam rangka PPL di SDN Pandian 1 (satu) Sumenep.

“Saya sangat mengapresiasi sekali kepada panitia pelaksana kegiatan lomba yang semuanya adalah adik-adik Mahasiswa yang telah mempersiapkan segala sesuatunya tanpa ada campur tangan dari kami. Sehingga Event ini bisa terlaksana dan Sukses. Terimakasih buat adik-adik Mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep,” ucap beliau penuh bangga.

Berikut daftar Nama Siswa/Siswi dan Nomor Urut Juara Lomba Busana Batik (Fhasion Show) yang di gelar oleh SDN  Pandian 1 dan Para Mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep.
Kategori Kelas Rendah Putra:
>Juara 1. No. Urut 09. Muhammad Naufal Safi.
>Juara 2. No. Urut 01. Arkan Attaya.
>Juara 3. No. Urut 11. Tsakif.
Kategori Kelas Rendah Putri :
>Juara 1. No. Urut 34. Callysta Demetria Gilda.
>Juara 2. No. Urut 18. Dewi Gilda J
>Juara 3. No. Urut 24. Sabrina Nikita Inayah.
Kategori Kelas Tinggi Putra:
>Juara 1. No. Urut 29. Muhammad Haikal Zaki Al-Faris.
>Juara 2. No. Urut 17. Angger Dana Dipoyono.
>Juara 3. No. Urut 11. Muhammad Evananda Anas Zaidan.
Kategori Kelas Tinggi Putri:
>Juara 1. No. Urut 18. Kanza Aruna Zulfani
>Juara 2. No. Urut 36. Anisha Suci Ramadhani.
>Juara 3. No. Urut 22. Rani Indah Fatmawati.@dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here