Program Dana Desa 2019 difokuskan untuk pembangunan Talut Penahan Tanah/TPT.

Panjinasional.Madiun – Desa Bajulan Kec.Saradan Kab.Madiun yang berbatasan dengan wilayah Kec.Mejayan memiliki struktur tanah yang cukup labil sehingga dalam pembangunan infrastruktur harus ektra hati-hati supaya kondisi bangunan tetap kokoh.Terlebih untuk memperkuat kondisi jalan maka diperlukan talut penahan tanah / TPT agar kondisi jalan menjadi kuat dan baik untuk memperlancar arus transportasi.Dari pantauan di lapangan, kondisi jalan yang tidak ditalut akan cepat rusak karena tidak ada penahan sisi kanan dan kiri jalan.

Bilamana ada kendaraan bermuatan berat maka kondisi jalan tidak akan kuat menahan beban dan mengakibatkan kondisi jalan rusak dan berlubang lubang. “Untuk memperbaiki kondisi jalan yang rusak,program Dana Desa 2019 ini dialokasikan buat pembangunan Talut Penahan Tanah/TPT supaya kondisi jalan desa menjadi baik dan kuat.

Program pembangunan talut ini menjadi prioritas utama karena bertujuan untuk memperbaiki dan memperkuat kondisi jalan supaya tidak mudah rusak terlebih dalam menghadapi musim penghujan yang akan datang.Bilamana kondisi jalan sudah ditalut maka tinggal mempercantik saja,”terang Kades Ruslan Haryanto.

Wilayah Desa Bajulan Kec.Saradan Kab.Madiun terletak ditempat yang strategis dan dekat dengan ibukota Puspem Kab.Madiun.Karena itu Kades Ruslan Haryanto berkomitmen dan bertekad ingin membangun dan memajukan desanya dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang menjadi aspirasi masyarakat desanya.

Sehingga pembangunan yang dilaksanakan saat ini sudah tepat sasarannya. Karena pembangunan yang dilakukan di Desa Bajulan ditangani oleh TPK yang sudah ahli dibidang pembangunan infrastruktur. “Pembangunan yang dilaksanakan di Desa Bajulan ini merupakan hasil musrenbangdes yang telah digelar dan dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai wilayah yang ada didesa ini.Sehingga pembangunannya diusahakan merata keseluruh wilayah dan dapat dinikmati langsung oleh masyarakat desa,” tegas Kades Ruslan Haryanto.

Disamping pembangunan infrastruktur fisik,pembangunan program pemberdayaan masyarakat juga menjadi perhatihan Pemerintahan Desa Bajulan.Dengan anggaran dana desa sekitar 750 jutaan akan diserap dan dioptimalkan untuk kemajuan dan perkembangan desanya untuk mewujudkan visi – misi desa yang selaras dengan visi-misi Bupati Madiun supaya menjadi desa yang aman, tertib,mandiri, sejahtera dan berahklak mulia.”Kami atas nama Pemerintahan  Desa Bajulan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah mengucurkan dana buat anggaran pembangunan desa.

Dan berharap dana yang diterima bisa diserap secara optimal untuk menggerakan roda perekinomian desa ini.Masih banyak wilayah yang belum dibangun karena terbentur anggaran.Moga kedepannya menjadi lebih baik lagi ,” pungkas Kades Ruslan.Karena pembangunan desa ini menjadi tanggungjawab bersama,maka semua elemen desa harus terlibat aktif mendukung program pembangunan yang sudah berjalan saat ini.(Warti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here