Para anggota dewan terpilih periode 2019 - 2024 saat Gladi Bersih di kantor DPRD Surabaya

www.panjinasional.net Surabaya  – Tiga Anggota DPRD Surabaya Ratih Retnowati, Syaiful Aidy dan Dini Rijanti tidak tampak Gladi Bersih Pelantikan anggota DPRD Surabaya, yang digelar Rabu siang. 

Ketiga anggota DPRD Surabaya yang terkait dugaan korupsi dana Jasmas

Sementara pihak KPU Surabaya sudah melakukan pengajuan surat usulan penundaan pelantikan anggota dewan terpilih bagi yang tersangkut kasus korupsi.

Sedangkan Gladi Bersih pelantikan anggota DPRD Surabaya terpilih tetap diselenggarakan di kantor DPRD Surabaya. Gladi bersih diikuti oleh anggota DPRD yang baru maupun petahana. Ini diselenggarakan sebagai persiapan pelaksanaan pelantikan yang akan digelar pada Sabtu, 24 Agustus mendatang.

Diantara anggota dewan terpilih yang mengikuti gladi bersih tidak tampak salah satu anggota DPRD, yakni Ratih Retnowati dari Partai Demokrat, yang saat ini telah menyandang status tersangka kasus jasmas. 

Menurut Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi, sesuai PKPU nomer 5 tahun 2019, pihaknya telah mengirimkan surat usulan penundaan pelantikan anggota dewan terpilih yang tersangkut kasus korupsi, pada Gubernur Jatim melalui Walikota Surabaya.

“Mengenai perkembangannya, disetujui apa tidak tergantung keputusan Gubernur,” tutur Nur Syamsi.

Sementara itu, menurut Herlina Harsono, dari Partai Demokrat, pihaknya telah mendapat konfirmasi dari DPD Demokrat Jatim, bahwa hingga saat ini belum ada keputusan tentang penundaan.

Untuk diketahui, 3 anggota DPRD Surabaya, yakni Ratih Retnowati , Syaiful Aidy dan Dini Rijanti bakal tidak bisa ikut pelantikan, sebab ketiganya tersangkut dugaan korupsi dana jaring aspirasi masyarakat atau jasmas dari dana hibah Pemkot Surabaya anggaran tahun 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here