Sumenep, Panjinasional.net – Guna terus melestarikan tradisi atau budaya lokal yang sangat kental dengan masyarakat Madura khususnya bagi masyarakat Sumenep, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar festival kupatan dan pesta Rakyat di Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep. Rabu 12 Juni 2019.

Pergelaran event tersebut berlangsung cukup meriah, sebab dalam pelaksanaan event tersebut para pengunjung disediakan kuliner tradisonal dari ketupat, seperti Ketupat Urap, Campor, Soto dan Rujak khas Kabupaten Sumenep.

Selain menyediakan kuliner gratis, acara festival kupatan dan pesta rakyat tersebut juga menampilkan beragam tarian tradisional yang salah satunya adalah tari topak lober.

Festival kupatan dan pesta rakyat yang di gelar oleh Pemerinta Kabupaten Sumenep di salah satu destinasi wisata tertua di Kabupaten Sumenep tersebut marupakan salah satu rentetan program Visit Sumenep tahun 2019.

Hadir dalam event tersebut, Bupati Sumenep, Dr. KH. A Busyro Karim, M. Si, bersama Ketua PKK Kabupaten Sumenep, Wakil Bupati Achmad Fauzi, SH, bersama Ibu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Dandim Sumenep bersama Ibu, perwakilan dari Polres Sumenep, Kajari Sumenep, para OPD, Camat se-Kabupaten Sumenep, serta ratusan ASN dilingkungan Pemkab Sumenep.

Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M. Si dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat telah yang ikut serta mensukseskan event Visit Sumenep 2019.

“Saya ingin berterima kasih kepada para elemen yang telah mempersiapkan acara ini, terutama masyarakat pesisir pantai Salopeng.” ujarnya saat memberi sambutan, Rabu (12/6).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Sumenep itu menjelaskan bahwa lebaran Ketupat atau Kupatan merupakan Tradisi yang kental bagi orang madura terumata warga Sumenep. Bahkan menurutnya tradisi itu bisa dikatakan penyempurna saat selesai berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan.

“Lebaran ketupat sebenarnya sangat penting untuk tetap dijaga dan dilestarikan. Tradisi seperti ini tentu menjadi penyempurna saat berpuasa di bulan ramadhan,” kata Bupati dua periode ini.

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep dua periode ini berharap agar program visit selanjutnya harus lebih bisa bagus dari yang sebelumnya. “Event yang selanjutnya harus ada peningkatan dari yang sudah dilaksanakan dari tahun 2018 kemarin.” sambung beliau

“Sedangkan para wisatawan semakin banyak. Sumenep harus bisa berikan wisata yang memadai tentunya bagaimana masyarakat dari luar Madura harus bisa ke Sumenep,” katanya.

Bupati dua periode itu juga berharap agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ikut mendukung suksesnya visit Sumenep 2019 itu.

“Jadi tidak hanya Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) yang menyukseskan acara ini, tapi semua OPD juga harus mendukung, ikut membantu dalam melangsungkan event visit Sumenep yang akan digelar.” Tukasnya.@dar/***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here