H. Mahmud Caleg Dapil VIII Gresik terpilih dari Partai Nasdem

Gresik Panjinasional :
Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik akhirnya melakukan penahanan terhadap terdakwa H. Mahmud (54) Calon Legislatif (Caleg) terpilih Dapil VIII (Manyar, Bungah, Sidayu) dari Partai Nasdem atas dugaan kasus penipuan dan penggelapan.

Penahanan ini dilakukan berdasar surat perintah Kepala Kejaksaan (Kajari) Gresik setelah menerima pelimpahan tahap dua perkara dari penyidik Direskrimum Polda Jatim dengan Kejati.

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejaksaan Negeri Gresik Wahyu Probo Sutopo saat dimintai keterangan membenarkan adanya penahanan tersebut.

” Tepatnya pukul 15.30 wib hari Selasa 7 Mei 2019, setelah Kejari Gresik menerima berkas pelimpahan barang bukti dan tersangka dari penyidik Direskrim umum Polda Jatim ” ujar Wahyu, Kamis (09/05/2019).

Wahyu Probo Sutopo kembali menjelaskan, pada hari itu juga langsung dilakukan penahanan oleh Jaksa Penuntun Umum. Hal itu dilakukan karena beberapa pertimbangan
yang dianggap bisa dilakukan tersangka terutama menghilangkan barang bukti dan melarikan diri.

” Kita lakukan penahanan dalam rangka mempercepat proses pemeriksaan di persidangan ” jelasnya.

” Terkait data matriel kita belum bisa jelaskan. Yang bisa kita jelaskan hanya secara formil, karena perkara ini belum dilakukan pembacaan dakwaan ” tambah Kasi Intel Kejaksaan Negeri Gresik Wahyu Probo Sutopo.

Dari perkara yang disangkakan, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP atau pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Sementara itu tersangka saat ini dititipkan Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Banjarsari Cerme, Gresik. (Yit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here