SD Muhammdiyah 3 Ikrom wage

Panjinasional.Net

Kesadaran mengenai kelestarian lingkungan harus ditanamkan sejak dini pada anak anak, masyarakat dan harus berkelanjutan, bahkan sampai usia tua-pun kita harus terus diingatkan dan dikembangkan. Kesadaran sosial akan dapat ditumbuhkan melalui pemberian informasi tentang lingkungan, dengan harapan mampu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat sehingga dapat mewujudkan perilaku cinta dan peduli pada  lingkungan.

Maka untuk mewujudkan prilaku cinta dan  peduli lingkungan terhadap perubahan iklim, SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Taman Sidoarjo menggelar peringatan hari Bumi yang dikemas dengan berbagai jenis kegiatan antara lain, Penanaman tanaman secara simbolik oleh kepala sekolah, Sosialisasi pengurangan penggunaan sampah plastik, dan lomba kreasi siswa.

Untuk kelas 1 lomba estafet menanam, dan lomba kolase bahan alam. Kelas 2, lomba recycle barang bekas, dan lomba kolase bahan alam. Kelas 3, lomba recycle barang bekas, dan lomba cerita gambar “Jaga Bumiku”.Sedangkan untuk kelas 4 dan 5 lomba Yel-yel dan lomba ajang Gestari IKROM.

Peserta kegiatan diikuti siswa siswi kelas  1 sampai kelas V, dan  dilaksanakan di halaman sekolah dengan mengusung tema “Generasi Islami untuk Semesta Berseri”. Senin. 15 April 2019.

Menurut ketua panitia Ustadzah Dyta Pratikna, S. Psi, kegiatatan ini berawal dari rasa peduli kita terhadap lingkungan dengan cuaca iklim yang mulai berubah-rubah, banyaknya sampah plastik yang tertimbun, sehingga kita perlu berencana mengadakan peringatan “Hari Bumi”.

“Kegiatan ini dilaksanakan dua tahun sekali dan ini sudah ketiga kalinya dengan tujuan untuk menanamkan rasa peduli terhadap anak-anak tentang lingkungan yang bersih, hijau dan bebas dari sampah p;astik, yaitu dengan pengurangan penggunaan sampah plastik, membuang sampah pada tempatnya, menggunakan kantong belanja, menggunakan bekal makan/mimum sendiri” kata ustadzah Dyta.

“Kami berharap anak-anak semakin mencintai lingkungan , dan peduli dengan bumi kita yang semakin tua, setidaknya mereka akan mulai meningkatkan rasa kepekaannya terhadap lingkungan. Dan Hari Bumi ini bisa mengubah minset dan perilaku manusia yang merusak lingkungan/alam menjadi perilaku yang selalu cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya” punkasnya.

Sementara itu Abdul Rohim , SHI bagian kesiswaan menambahkan, pendidikan di SD M 3 Ikrom adalah pendidikan aplikatif, sehingga dengan adanya peringatan hari bumi tersebut, diharapkan sebagai momentum untuk seluruh warga sekolah, bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yakni menjaga kelestarian, dan keselamatan bumi ini. “Karena  sebagai seorang muslim diamanahkan pada diri kita status Kholifah fil ardhi (pemimipin dan penjaga bumi)” terangnya.(af)..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here