Gresik, Panjinasional Kamis 4/4/2019

Demi mensukseskan dan mempercepat proses pengurusan masy GBarakat dalam program Nasional Pendaftaran Tanah Sistemtis Lengkap (PTSL), Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik kali ini membentuk gerakan PPAT (Pejabat Pembuat Akte Tanah) masuk Desa.

Tidak hanya gerakan PPAT masuk Desa, BPN Gresik juga akan meluncurkan program pemasangan tanda batas tanah serentak diseluruh Kabupaten Gresik.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor BPN Gresik Dr. Asep Heri usai penyerahan 800 sertifikat tanah masal (PTSL) kepada warga Desa Melirang, Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, Kamis (04/04/2019).

” Kedua gerakan ini ditujukan untuk mensukseskan program Nasional PTSL. Dan program ini juga yang pertama kali diadakan di Indonesia ” ungkap Kepala Kantor BPN Gresik Asep Heri.

Terkait teknis pelaksanaan Asep menjelaskan, disetiap Desa akan diterjunkan 20 relawan PPAT. Untuk relawan PPAT nanti akan membatu menangani pengumpulan fotocopy KTP, KSK dan surat-surat kepemilikan tanah lainnya. Sedang untuk pemasangan batas obyek tanahnya akan dipasang serentak.

” Semoga program baru ini bisa mendapat arahan, bimbingan dan dukungan penuh dari bapak Bupati Gresik dan Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur ,juga seluruh elemen masyarakat termasuk media” tuturnya.

Dari data yang diterima, sebelum adanya gerakan PPAT masuk Desa dalam program PTSL periode sebelumnya, BPN hanya bisa mengumpulkan data yuridis kepemilikan tanah hanya 300-400 per hari. Akan tetapi setelah adanya gerakan PPAT masuk Desa BPN bisa terkumpul pling sedikit 1500-2000 per hari.

” Target kami di 2019 yakni 61.000 untuk peta bidang tanah. Sedang 53.000 untuk sertifikat hak atas tanah. Itu terbagi dari 5 Kecamatan, 41 Desa di Kabupaten Gresik ” tambah Asep.

Ia juga berharap, program seperti ini bisa di aplikasikan di Kabupaten lain dan menjadi percontohan Nasional yang dimulai dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

” Program ini sangat bermanfaat, dan ini harus ditularkan ke  Kabupaten Kota di seluruh Indonesia ” tutupnya. (Yit/Ern)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here