Wakil Bupati Gresik saat leluncuran Si Pencet di Balai Desa Melirang Bungah Gresik

Gresik Panjinasional :

Lakukan trobosan baru untuk mempermudah pengurusan administrasi, Desa Melirang Kecamatan Bungah Gresik luncurkan program Si Pencet (Sistem Pelayanan Cepat Efektif Terukur), Kamis (04/04/2019).

Dalam program Si Pencet ini, Desa Melirang telah mengembangkan 2 layanan cepat yang berbasis teknologi komunikasi informasi, yakni Pelayanan Sistem Layar Sentuh (Pesilat) dan Pelayanan Sistem Online Android (Pesona). 

Peluncuran program baru ini diharapakan dapat mempermudah segala pengurusan administrasi kependudukan di Desa, mulai dari surat kematian, keterangan domisili, pembuatan KK baru dan keperluan kependudukan lainnya.  

” Di luncurkannya program baru ini agar masyarakat, tidak telalu lama ngurus. Begitu datang ke Balai Desa langsung pencet, langsung selesai ” ujar M. Muwaffaq, Kepala Desa Melirang ini.

Muwaffaq kembali menjelaskan, teknis pelaksanaannya sangat mudah. Untuk yang layar sentuh masyarakat langsung datang ke balai desa, lalu tinggal memasukkan Nomer Induk Kependudukan (NIK) ke mesin cetak kemudian pilih keperluan surat yang diinginkan selanjutnya surat yang diperlukan akan langsung tercetak.

” Sementara yang berbasis android, tinggal download aplikasinya di playstore. Sedang untuk teknisnya tidak ada perbedaan ” jelasnya.

” Ini adalah salah satu inovasi sekretariat Desa dan program anak bangsa Melirang sendiri. Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) teknis penanganan, perangkat kita sudah sangat siap ” tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim yang hadir meresmikan peluncuran Si Pencet mengatakan, bangga dan bersyukur karena saat ini revolusi industri itu sudah 4.0. Jadi saat ini sudah tidak menggunakan mesin ketik dan semacamnya, akan tetapi sudah berbasis teknologi informasi komunikasi.

” Di era saat ini siapa yang dapat menguasai teknologi informasi komunikasi, mereka akan dapat mengambil peluang yang paling besar. Ini dibuktikan oleh Desa Melirang dengan diluncurkannya Si Pencet, fasilitas pelayanan masyarakat cepat yang berbasis teknologi informasi ” imbuhnya. (Yit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here