SD Muhammadiyah 15 Surabaya Peringati Isro’ Mi’roj dan Deklarasi Pemilu Damai 2019

Sidoarjo, Panjinasional

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang mulia dimana pada bulan  rajab terjadi peristiwa agung dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW yaitu peristiwa Isra Miraj.

Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Untuk mengenalkan peristiwa penting  Nabi Muhammad SAW  tersebut, maka SD Muhammadiyah 15 (limas) Surabaya, melaksanakan  peringatan  Isro’ Mi’roj sekaligus menggelar pemilu damai pada 17 April 2019 mendatang.  Kegiatan ini diikuti ratusan siswa-siswi  mulai kelas 1 sampai kelas VI, dan dilaksanakan di halaman sekolah pada Selasa, (2/4/19)) mulai pukul  07.00 sampai pukul 09.00.

Ada yang menarik dalam acara itu yang berkaitan dengan pilpres 17 April, sudah disiapkan profil kandidat.  Ada beberapa anak yang ditunjuk untuk memakai topeng calon presiden dan wakil presiden sekaligus dari beberapa partai sebagai pendukung kandidat masing-masing, juga disampaikan orasi politik oleh Rafa siswa kelas V dengan suara tegas dan lantang “ Saudara-saudaraku yang berbahagia, disini saya menyerukan seluruh teman-teman, seluruh saudara-saudara, seluruh bangsa Indonesia marilah kita melaksanakan pemilihan umum dengan sejuk, dengan damai, dengan semangat kekeluargaan untuk mwncari terbaik bangsa, tidak mencari kesalahan atau kekkurangan masing-masing” ungkapnya.

Setelah menyampaikan orasinya kemudian dilanjutkanpembacaan  deklarasi pemilu damai dengan diikuti seluruh siswa. Deklarasi kampanye damai  Pemilu 2019 “Kami peserta pemilu 2019 berjanji ,

  1. Melaksanakan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia dan adil.
  2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegitas, tanpa hoax, politisasi sara, dan politik uang.
  3. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Usai orasi kemudian pembacaan puisi “Indahnya  Perdamaian” karya Chairil Anwar oleh siswa V

Sementara itu menurut ustdaz Bagas Waskito Utomo S.Pd,  tujuan diadakan peringatan isro’ mi’roj nabi besar Muhammad SAW supaya anak-anak tidak jauh dari sejarah islam, dan anak-anak supaya kenal peradaban islamsehingga mereka bangga dengan islam, dan meraka harus tahu denagn sejarah isro’ mi’roj yang menandakan kaewajiban kita untuk sholat.

“Harapannya sholat dipahami bukan sebagai kewajiban, tapi sebagai kebutuhan, seperti makan , kalau tidak makan tubuh menjadi lemas, begitu juga dengan sholat jika anak-anak meninggalkan sholat maka anak-anak menjadi galau dan merasa ada yang kuran dalam hidupnya” kata Bagas.

Berkaitan dengan pemilu 17 April 2019, maka peringatan isro’ mi’roj dengan menampilkan  pembacaan puisi indahnya perdamaian dan orasi politik anak anak.

 “SD Muhammadiyah  15 Surabaya mendukung pemilu damai, bebas dari hoax, permainan sara, tipu menipu , politik uang dan lain sebagainya. Intinya SD Muhammmadiyah dari dini mulai kelas 1 sampai kelas V,  dikenalkan dengan pemilu, kita tidak anti politik tapi harus melek politik” pungkasnya. (af).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here