Koordinasi operasi mata katarak Widjanarko Center bersana PT Sido Muncul, Perdami DIY dan RS Puri Husada. (Foto Affan)

Yogyakarta — Panjinasional.net

Operasi mata katarak gratis yang diselenggarakan Widjanarko Center bersama PT Sido Muncul dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta, yang sedianya diadakan pada hari Minggu, 7 April 2019 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sleman, akan berpindah tempat di Rumah Sakit Puri Husada, Jalan Palagan Nomor 67 Rejodani, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Adapun untuk waktu pelaksanaannya tidak berubah, tetap pada tanggal 7 April 2019. “Hanya karena ada satu dan lain hal tempat pelaksanaannya berpindah ke rumah sakit Puri Husada,” kata Marsda TNI (Purn) Dr Benedictus Widjanarko, M.Si, Pimpinan Widjanarko Center, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Widjanarko, untuk persyaratan peserta operasi mata katarak gratis ini tidak ada perubahan. Dan nantinya para peserta pada satu hari sebelum pelaksanaan operasi mata katarak akan dilakukan screening. “Kami masih membuka terus pendaftaran,” tandas Widjanarko. 

Bagi yang ingin mengikuti operasi mata katarak gratis, calon peserta bisa mendaftar di Posko Widjanarko Center, Jalan Ireda Nomor 82, Keparakan Kidul, Mergangsan, Yogyakarta. Atau, bisa langsung mendatangi RS Puri Husada Jalan Palagan Nomor 67 Rejodani, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Sementara itu, Direktur RS Puri Husada JB Soebroto menyambut baik pelaksanaan operasi mata katarak yang akan diadakan oleh Widjanarko Center dan PT Sido Muncul.

“Kami menyambut baik acara operasi katarak ini karena berbarengan dengan perayaan hari ulang tahun ke-14 RS Puri Husada,” kata JB Soebroto.

Sedangkan Ketua Perdami Yogyakarta Prof Dr Suhardjo, SU, Sp.M.(K) mengakui, saat ini masyarakat sangat membutuhkan operasi mata katarak gratis ini. “Karena biayanya relatif mahal dan BPJS sendiri anggarannya terbatas untuk operasi mata katarak,” terang Dr Suhardjo.

Dengan teknologi yang terkini, lanjut Dr Suhardjo, penderita mata katarak bisa mendapatkan pertolongan dini. “Tanpa harus menunggu gelap, kini penderita katarak sudah bisa dioperasi,” tambah Dr Suhardjo. (Affan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here