Plt Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Malang,Ir Avicenna Medisica

Kab. Malang, Panjinasional
Dinas Pekerjaan Umum Sumberdaya Air (PU SDA)Kabupaten Malang,Tingkatkan dan mengupayakan fungsi embung dalam menunjang irigasi lahan pertanian produktifdi Kabupaten Malang.
Menurut Plt Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Malang,Ir Avicenna Medisica menuturkan pihaknya akan meningkatkan fungsi embung,karena saat ini sudah mulai mengalami peralihan fungsi untuk menindak lanjuti dan meningkatkan fungsi embung maupun salura irigasi.
“Untuk saat ini masyarakat mengembangkan potensi embung akan dijadikan wisata,tapi jangan dilupakan kalau fungsi utamanya yang memiliki sentral pengairan bagi area persawahan ,”tuturnya.
Selain itu Avicenna juga menambahkan yang tinggal di sekitar embung agar berperan secara aktif melakukan perawatan secara berkala,supaya embung tidak mengalami pendangkalan.
“Jika tidak dirawat,maka embung lama-lama debit air maupun fungsinya akan berkurang,”tambahnya.
Oleh karena itu di musim penghujan ini embung juga memiliki peran penting. Salah satunya sebagai tempat penampung air penadah hujan. “Dimusim hujan,embung digunakan untuk menampung air supaya tidak terjadi banjir.Tapi,kettika memasuki musiim kemarau,cadangan air yang ada di embung bisa gunakan untuk memenuhi kebutuhan irigasi di lahan-lahan produktif,” pungkasnya.
Maka perlu di ketahui,Dinas PU SDA ditahun 2019 ini mengajukan anggaran sebesar Rp 3 meliar kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)dalam peningkatan enam embung yang dapat mengaliri 120 hektar lahan pertanian Khususnya di Kabupaten Malang.(CHAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here