Panjinasional, Masjid bukan hanya tempat sarana untuk beribadah kepada Allah SWT semata, namun lebih dari itu masjid juga digunakan sabagai sarana pusat kegiatan umat islam,  seperti kegiatan sosial, pendidikan untuk mencerdaskan umat, dan kegiatan lain secara positif, dan produktif.

Untuk mengoptimalkan tata kelola tersebut dan sebagai upaya memakmurkan masjid, maka takmir masjid Baiturohim yang beralamat di jalan  letjend. S. Parman V Waru Sidoarjo menyelengarakan  pelatihan managemen masjid dan musholla, dengan tema “Dari Masjidnya Kita Makmurkan Jamaahnya”. Minggu (10/3).

Kegiatan ini diikuti  75  peserta , terdiri dari unsur ansor, muslimat, fatayat, IPNU, IPPNU, dan perwakilan takmir masjid dan musholla yang ada sekitar wilayah Waru, dengan mendatangkan wakil ketua Lembaga Takmir Masjid (LTM) PBNU DR. KH. Moch. Sholeh M.Si sebagai nara sumber.

KH. Moch. Sholeh selaku nara sumber meberikan arahan kepada peserta yang hadir, dalam arahannya mengimbau “hendaknya semua pihak mengelola masjid supaya lebih baik lagi dan memfungsikan masjid tidak sebatas untuk ibadah sholat, akan tetapi masjid juga sebagai sarana berkumpul, menuntut ilmu, pusat dakwah, kepentingan sosial dan lain sebagainya” ,

Selanjutnya, KH. Moch. Sholeh mengajak seluruh pihak untuk sama-sama memakmurkan masjd, dan juga memakmurkan para jamaahnya”.

Sementara itu ketua takmir masjid Baiturohim H. Aliyas mengatakan” kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan pemberdayaan  jamaah khususnya para pengurus takmir masjid dan musholla. Selain itu kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan pembinaan managemen pengelolaan masjid dan musholla termasuk meningkatkan wawasan agar dapat mendekatkan masyarakat ke masjid atau musholla”.

Selanjutnya kata H. Aliyas “Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, para takmir masjid dan musholla dapat mengelola masjid dengan lebih baik, terawat kebersihanya, kesehatan, dan keindahannya. Kegiatan ini merupakan yang pertama dan bisa berjenjang, dan terorganisir dengan managemen yang baik serta mampu menjadi tempat pusat kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan” harapnya.(af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here