Gresik -Seminggu Pekan sedekah sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dapat mengumpulkan dana sebesar Rp. 7.412.500,- yang disumbangkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik.

Sukses program Pekan Sedekah sampah dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke 45 Pemerintah Kabupaten Gresik dan Hari Jadi ke 532 Kota Gresik serta memperingati hari peduli sampah Nasional.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik siap melaksanakan program tersebut di Gresik setiap enam bulan sekali. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gresik Mohammad Najikh disela melaksanakan Istighotsah Qubro pada Jum’at (8/3/2019) pagi.

Menurutnya, progam yang berlangsung selama seminggu yaitu sejak Senin lalu sampai jum’at yaitu 11-15 Pebruari 2019. Hasilnya sebesar Rp. 7.250.000,- disumbangkan kepada para dhuafa serta para petugas Kebersihan melalui Baznas Gresik. Selebihnya Rp. 162.500,- disumbangkan ke Masjid Assalam Kebomas.

“Alhamdulillah, hasil sedekah sampah tersebut telah diserahkan oleh Bupati Gresik kepada para penerima berbarengan dengan Istighotsah Qubro” katanya.   

Tujuan awal program ini untuk mengurangi volume timbunan sampah. Seperti yang tertuang dalam peraturan Bupati Gresik nomer 26 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi Kabupaten Gresik dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Sampah yang berhasil dikumpulkan dari bank sampah DLH berupa kertas, plastic, karet, kaca, besi dan lain-lain dengan berat total 2255 kg dan menghasilkan uang sebesar Rp. 4.012.000,-.

Sedangkan sumbangan sampah dari bank sampah, sekolah dan kelurahan yang ada di wilayah perkotaan dan telah diuangkan oleh Bank sampah yang bersangkutan mendapatkan uang sebesar Rp. Rp. 3.400.500,- .

“Kami berharap sedekah sampah yang akan kami laksanakan setiap enam bulan sekali ini bisa lebih sukses dan lebih meluas cakupannya. Sehingga tujuan untuk mengurangi volume sampah bisa berhasil.” Ungkap Najikh kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here