Foto : Ilustrasi Pabrik Amonia
Foto : Ilustrasi Pabrik Amonia

Gresik –  Bau menyengat dengan aroma khas amonia dirasakan oleh warga Sukodono, Lumpur dan Roomo serta masyarakat yang melintas di jl. Gubernur Suryo Gresik, Senin Pagi (19/2/2019)

Bau yang di duga sebagai amonia diperkirakan berasal dari dalam salah satu pabrik BUMN Petrokimia Gresik.  Banyak warga yang rumahnya di area dekat pabrik mengeluh dan mengunggah di Media Sosial ( Medsos).

Seperti yang ditulis pada akun FB Igo Hijabers, dia menulis “ Gimana ini petro kok bau nya ya Allah, satu pasar nutup hidung semua, gak bisa bayangin yg rumahnya di roomo dan sekitarnya”.

Ada lagi pemilik akun Wella Meok Meok, dia menulis status di sebuah Group Media Sosial (FB) “ tolong humas  petrokimia bau amonia sangat menyengat wilayah lumpur”

Sementara akun yang dengan nama  Mu’alim membuat satus “ Dari AROMA nya sudah terbayang sumber nya …..Bau dari Petrokimia “  

Warga merasakan aroma tersebut sejak pagi hari sekitar jam 5 pagi. Bau tersebut sangat mengganggu masyarakat yang tinggal di ring satu pabrik. Bau yang makin terasa pekat dirasakan warga, kadang saking pekatnya bau tersebut mengganggu pernafasan.

Hal itu disampaikan oleh salah satu warga bernama Agus (45) yang tinggal di kelurahan Lumpur mengatakan Bau tersebut sangat mengganggu.

“ Bau ammonia ini sangat mengganggu pernafasan, pagi itu banyak masyarakat sekitar mengantar anak – anak sekolah. Juga warga yang melakukan aktifitasnya sehari –hari. Jika warga tidak kuat dengan bau tersebut bisa mengakibatkan pingsan. ” kata Agus kepada Panjinasional.

Agus Menambahkan jika hal seperti ini bukan sekali ini saja. Bau ammonia yang dirasakan warga, diduga saat pengoperasian pabrik ada kelalaian SOP nya, sehingga ammonia bisa ngowos ke warga sekitar termasuk Lumpur tempat dia tinggal.

Sementara Humas Petrokimia Gresik saat dikonfirmasi  via Whatsapp tidak ada jawaban,  hingga  berita ini ditulis

Panjinasional mencoba konfirmasi  ke Sekretaris perusahaan Yusuf Wibisono  namun diarahkan untuk konfirmasi ke Ihwan Selaku kabag Humas Petrokimia Gresik. Panjinasional pun berusaha konfirmasi Namun tidak pernah ada jawaban dari konfirmasi tersebut . (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here