Sumenep, Panjinasional.net

Pembangunan Jembatan yang bersumber dari Anggaran Pembelian dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep, tahun anggaran 2017 di Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, dengan leading sektor Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU Bina Marga) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur, saat ini mulai menjadi trending topik dari berbagai kalangan masyarakat sekitar.

Pasalnya, kondisi fisik dari Proyek Pembangunan Jembatan yang di kerjakan oleh rekanan “CV. SATU HATI” pada tahun 2017 itu, saat ini sudah di temukan tanda-tanda kerusakan pada beberapa bagian bangunan dari jembatan tersebut, sehingga membuat masyarakat sekitar khawatir tidak akan bisa menikmati hasil pembangunan jembatan tersebut dengan waktu yang cukup lama.

Kyai. Syaiful Hadi Salah satu Tokoh Masyarakat Desa Pragaan Daya mengatakan bahwa, Proyek Pembangunan Jembatan yang terletak di Dusun Blumbang, Desa Pragaan Daya tersebut saat ini sudah menjadi buah bibir dari masyarakat setempat. Hal itu di sebabkan karena kondisi fisik dari kedua sisi tembok sandaran dari Bangunan Jembatan tersebut sudah bisa dikatakan cukup mengkhawatirkan. 

“Keretakan pada kedua sisi tembok sandaran dari Bangunan Jembatan yang di kerjakan oleh CV. SATU HATI itu sudah cukup lebar dan merembet ke-bagian bawah Bangunan Jembatan. Selain itu rabatan beton di luar Jembatannya juga sudah ada yang ambles atau retak.  Padahal umurnya masih sekitar satu tahun. Jadi wajar saja kalau Proyek Pembangunan Jembatan di Dusun  Blumbang itu menjadi buah bibir dari masyarakat setempat,” kata Kyai. Syaiful Hadi, saat berbincang-bincang dengan awak media Panjinasional.net Minggu lalu (3/2/2019) di kediamannya.

Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Ulum Pragaan Daya ini juga menuturkan bahwa, Proyek Pembangunan Jembatan di Desa Pragaan Daya tersebut merupakan hasil Musyawarah dari Masyarakat Desa Pragaan Daya yang di usulkan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) di Kecamatan Pragaan.

“Jadi masyarakat Pragaan Daya maupun masyarakat Pragaan Laok sangat sangat tergantung dan sangat membutuhkan Jembatan itu,” tutur Kyai Syaiful. 

Karena kata Kyai Syaiful memang Jembatan itu merupakan Jembatan Penghubung antara Pragaan Laok dan Pragaan Daya yang sering di lewati oleh masyarakat,  khususnya masyarakat desa Pragaan Daya. Sebab mayoritas aktivitas masyarakat desa Pragaan Daya sehari-hari banyak yang ke Prenduan.

“Jadi saya berharap dengan hormat kepada Instansi terkait untuk segera memperbaiki persoalan keretakan-keretakan pada bagian bangunan jembatan itu supaya kondisi dari bangunan jembatan tersebut tidak semakin parah. Dan kami sebagai masyarakat setempat yang menikmati hasil Proyek Pembangunan jembatan itu tidak khawatir lagi dengan kondisi fisik dari jembatan tersebut.” lanjutnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Peningkatan “Hariyanto Efendi” saat di temui di ruang kerjanya mengatakan bahwa, setelah pihaknya mendapatkan laporan dari media Panjinasional.net, langsung turun kelapangan untuk mengcrhoos-chek langsung kondisi fisik dari Proyek Pembangunan Jembatan tersebut.

Menurutnya, kondisi fisik dari jembatan di Dusun Blumbang, desa Pragaan Daya tersebut masih aman untuk di lewati oleh warga setempat, karena Keretakan-keretakan pada bagian bangunan jembatan tersebut masih berada di luar nol Infrastruktur.

“Pondasi dari Bangunan Jembatan itu memakai sumuran bukan memakai tiang penyangga, sedangkan yang mulai rusak atau yang sudah retak posisinya di nol Infrastruktur, jadi Infrastrukturnya itu masih aman,” kata Hariyanto Efendi kepada pewarta saat ditemui di ruang kerjanya Senin lalu (04/02).

Lebih lanjut Pak Hari sapaan akrabnya itu menjelaskan bahwa, kerusakan-kerusakan pada bagian Bangunan Jembatan tersebut sudah Ia sampaikan kepada Pimpinannya dan rencananya akan segera dilakukan perbaikan.

“Persoalan Jembatan ini sudah kami sampaikan pada Pimpinan, Insyaallah kalau tidak halangan rencananya tahun 2019 ini akan kami perbaiki. Karena umurnya sudah satu tahun maka akan masuk pada Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan.” tukasnya.@ (dar/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here