Ngawi, Panjinasional.net

Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ngopi bareng di Benteng Van Den Bosch atau biasa disebut Benteng Pendem, Jl. Untung Suropati, Ngawi, Jumat (1/2).

Selain Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim, Presiden Jokowi juga didampingi Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo, Istri Gubernur Jatim Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si, Bupati Ngawi Budi Sulistiyono beserta istri, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi bersama Pakde Karwo dan rombongan terlihat santai berbincang dan menikmati kopi Selondo khas Ngawi. Ibu Negara Iriana juga terlihat menikmati suasana dan ngobrol bareng Bude Karwo sapaan akrab istri Gubernur Jatim dan istri Bupati Ngawi.

“Kopinya enak banget, padahal harganya hanya Rp. 8.000 per cangkir. Kalau di daerah itu murah-murah dan Enak sekali,” ungkap Presiden Jokowi sembari menambahkan ngopi di salah satu destinasi warisan sejarah terasa sangat nikmat.

Selain ngopi, Presiden Jokowi juga berkeliling di berbagai stand UMKM yang memamerkan aneka kerajinan khas Ngawi. Diantaranya produk makanan dan minuman, beras unggulan Ngawi, dan kerajinan kayu. Bahkan, Presiden Jokowi terkesan dengan beras merah putih organik dan beras singkong yang dijual. “Harganya memang relatif mahal karena minim glukosa, ini baik untuk kesehatan. Saya sudah beli semua,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga menyetujui untuk merestorasi/memperbaiki bangunan seluas 15 Ha yang dibangun sejak tahun 1839 tersebut. Restorasi ini perlu dilakukan untuk mendukung pengembangan wisata pusaka di daerah Ngawi.

“Tahun ini akan langsung dikerjakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum (PU), tadi sudah saya telpon dan sudah disiapkan. Targetnya Insyalloh dua tahun rampung, tahun ini separuh dan tahun depan separuh,” urainya.

Sementara itu, Bupati Ngawi Budi Sulistiyono sangat mendukung upaya pemerintah untuk merestorasi bangunan Benteng Pendem. “Saya berharap ada perhatian khusus untuk merenovasi bangunan ini, sehingga bisa memajukan pariwisata lokal,” harapnya.

Untuk diketahui, Benteng Pendem merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Ngawi. Saat ini, Pemkab Ngawi tengah gencar melakukan pembangunan dan promosi untuk mengenalkan objek wisata pusaka tersebut guna peningkatan kunjungan wisata.  (Humasprovjatim:dwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here