BATU, Panjinasional,
Wakil Walikota Punjul Santoso membuka kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah yang diselenggarakan oleh Bidang Aset pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu diruang rapat utama lt.5 gedung A Balaikota Among Tani,Kota Batu,Senin (28/1/2019). Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Sekda Kota Batu Zadiem Efisiensi, M.Si, Asisten Pemerintahan, Kepala SKPD, Camat dan Kepala Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kota Batu dengan narasumber dari Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Barang Milik Daerah (BMD) Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si.


Dimulai dengan laporan Pelaksanaan oleh Kepala Badan Keuangan Kota Batu Edi Murtono, SH, MH, dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Walikota Batu Punjul Santoso yang menjelaskan bahwa kegiatan Sosialisasi ini merupakan usaha untuk menyamakan persepsi dan pemahaman mengenai pengelolaan Barang Milik Daerah.

Untuk dapat mengelola Barang Milik Daerah dengan baik, maka aparat pemerintahan perlu memahami tentang Permendagri No.19 Tahun 2016 sehingga mampu mengelola dengan transparan, akuntabel dan kompeten. Kita perlu melakukan satu komitmen tentang pengelolaan barang daerah, dimana setiap barang harus ada data pembelian, pemiliknya siapa, kapan dan penggunaannya untuk apa.

Perda kita terkait dengan pengelolaan barang ini sudah tidak sesuai dengan regulasi yang ada dengan permendagri yang baru, dan hari ini masih dalam proses pembahasan di DPRD yang mana nanti harus disesuaikan dengan Permendagri yang baru. Jadi katakanlah OPD mau beli kendaraan itu harus ada perencanaan dulu tidak bisa sembarangan, perencanaan itu harus masuk di RPJMD atau BAJAS. Jadi ini adalah aturan baku yang semestinya harus dilakukan oleh semua OPD yang ada di Pemerintah Kota Batu termasuk di seluruh Indonesia.,@Humas/Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here