Sidak Parkir Nurhamim Ketua DPRD Gresik beserta Dishub Gresik
Sidak Parkir Nurhamim Ketua DPRD Gresik beserta Dishub Gresik

GRESIK
Permasalahan perparkiran di Kabupaten Gresik saat ini menjadi Pekerjaan Rumah bagi pemerintah daerah. Adanya sengketa lahan parkir dibeberapa titik mempengaruhi target pendapatan retribusi parkir yang ditetapkan.
Hal tersebut disampaikan oleh Agustin Halomoan Sinaga, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik saat mendampingi Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim meninjau lokasi parkir di Jalan Ahmad Yani, Rabu (16/1/2019).
“ Seperti lahan parkir sepanjang 300 meter di Jalan Ahmad Yani di klaim oleh Kelurahan Ngipik karena menganggap jalan tersebut masih milik PT Petrokimia Gresik, padahal saat ini sudah menjadi tanggungjawab Pemkab Gresik.” Ujar Sinaga mendampingi Ketua DPRD Kabuparen Gresik saat Sidak Parkir.
Dia menambahkan Jalan di Malik Ibrahim juga dikelola oleh Desa Gapurosukolilo. Karena Pemerintah Desa masih beranggapan jika jalan tersebut adalah aset Desa.
Sementara Nurhamim Ketua DPRD Gresik akan segera menyelesaikan dan memastikan permasalahan sengketa lahan parkir ini secepatnya dengan cara duduk bersama antara Dishub dengan Pemerintah Desa maupun Kelurahan.
“ Kami akan segera memanggil semua pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini. Baik dari Dishub, Pemdes dan kelurahan. Hal ini sangat penting agar target perolehan dari retribusi parkir yang ditetapkan bisa tercapai sebagai Pemasukan PAD” Kata Mas Nur panggilan akrabnya.

” Tapi kita harus tertib aturan, lahan parkir yang menjadi tanggungjawab Dishub ya harus dikelola Dishub, karena baik dikelola oleh desa maupun Disbub, semua kembali untuk masyarakat. ” Imbuh Nurhamim.
Untuk diketahui saat ini Dishub menyelola sekitar 97 titik parkir di 25 ruas jalan dengan Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor retribusi parkir yang diberikan kepada Dishub meningkat tiap tahunnya. Tahun 2018 ditarget Rp 1,7 miliar namun hanya terealisasi Rp 1,8 miliar. Sedangkan tahun 2018 target menjadi Rp 4,3 miliar. (adv/shol).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here